Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi dan Ahok Berbagi Pengalaman Soal Jamkesmas

Kompas.com - 09/04/2012, 18:37 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, yang berasal dari koalisi PDI-P dengan Partai Gerindra, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama, Kamis (12/4/2012) mendatang, akan berbagi pengalaman soal pengelolaan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) yang pernah dan tengah dijalaninya saat ia menjadi pimpinan daerah.

Pengalaman itu akan disampaikan dalam sebuah seminar tentang jaminan kesehatan menyeluruh untuk rakyat, yang akan digelar di Gedung YTKI, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis mendatang. Seminar diadakan oleh Trade Union Rights Centre (TURC), sebuah lembaga yang menaruh perhatian dengan pemberdayaan buruh.

"Jokowi yang menjadi Walikota Solo, akan membeberkan sistem jaminan kesehatan yang kini diterapkannya di kota Solo, Jawa Tengah. Sedangkan Basuki atau Ahok akan menceritakan sistem jaminan saat ia menjadi Bupati Belitung Timur," tandas aktivis Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS), yang juga aktivis TURC Andriko Otang kepada Kompas di Jakarta, Senin (9/4/2012).

Menurut Andriko, dengan jaminan kesehatan bagi masyarakat Solo dialokasikan pendanaannya oleh Jokowi melalui APBD. "Sedangkan yang dikelola Ahok waktu menjadi bupati adalah dengan sistem asuransi kesehatan. Dua sistem ini bisa diterapkan dengan kombinasi pengelolaan jaminan kesehatan secara menyeluruh bagi warga," jelas Andriko.

Seminar akan dihadiri oleh perwakilan buruh dan pekerja dari tiga konfederasi serikat pekerja, yaitu Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com