Kompas.com - 07/07/2012, 16:15 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Oppie Andaresta muncul lagi. Bersama Suara Anak Bumi, ia hadir dengan sejumlah lagu bertema lingkungan. Tujuannya, mengedukasi anak-anak mengenai lingkungan melalui lagu dan buku.

"Tanam, tanam pohon yuk tanam, tanam ditanam ditanam, karena pohon banyak gunanya...". Inilah syair salah satu lagu yang dinyanyikan Oppie pada launching buku dan album Suara Anak Bumi, Sabtu (7/7/2012), di Pondok Indah Mal, Jakarta Selatan.

Oppie mengisahkan, ia memerlukan waktu yang cukup lama untuk menciptakan lagu anak ini. Kesulitan yang dihadapi adalah memilih kata yang mudah, ringan, tetapi tidak menggurui. Tantangan lainya adalah membuat notasi yang mudah diingat dan didengar.

"Album ini terdiri dari delapan judul lagu dan didukung oleh Dewa Budjana, Indra Lesmana, Iwa K, dan teman-teman lain. Jenis musiknya pop, rock, blues, hip hop, dan reggae," jelas Oppie.

Selain album, Oppie dan Suara Anak Bumi juga melaunching buku dengan empat tema besar, yaitu menanam pohon, 3R, sampah, dan hidup hemat (hemat listrik, ???, dan air). Adapun, judul-judul lagu yang ada di album ini adalah Badu, 3 R (Reduse, Ruese, Recycle), Gosok Gigi, Surga Laut, Hijau, Gowes-Gowes, dan Let's Go Green.

Menurut Oppie, kesulitan pendistribusian buku dan CD menjadi tantangan lainnya. Buku dan CD juga disumbangkan untuk perpustakaan di beberapa sekolah di Maumere dan Teluk Cendrawasih, Papua.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.