Kompas.com - 13/03/2013, 19:36 WIB
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, mengkritik rencana pencalonan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie sebagai ketua umum dalam bursa kongres luar biasa (KLB) akhir Maret 2013 ini. Bahkan, Ruhut menilai Marzuki tidak akan bisa masuk dalam bursa karena masih menjabat sebagai Ketua DPR.

"Pak Marzuki Alie Ketua DPR, fokus saja sana. Mau rangkap jabatan ketum dan Ketua DPR bagaimana, memang dia Superman atau Batman?" kata Ruhut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Ruhut mengatakan, para kader Demokrat menginginkan sosok ketum partai yang bisa fokus dalam pembenahan partai. "Karena ini kongres luar biasa, maka harus ada ketum yang luar biasa pula," ucapnya.

Ruhut menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie untuk masuk dalam bursa. Sosok Pramono, kata Ruhut, memiliki integritas dan komunikasi yang baik dengan masyarakat, dan juga terkenal sederhana. "Kalaupun maju, saya dukung. Kalau bisa pensiun dini saja, karena dia kan baru bisa pensiun bulan Mei 2013," ucap Ruhut.

Seperti diberitakan, Anas Urbaningrum keluar dari Partai Demokrat setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek Hambalang. Posisi Ketua Umum Partai Demokrat kini masih kosong.

Rencananya, KLB akan dilakukan pada akhir Maret ini untuk menentukan ketua umum baru. Sejumlah nama beredar mulai dari kader internal seperti Marzuki Alie hingga kalangan eksternal, Djoko Suyanto dan Pramono Edhie. Marzuki Alie sempat mengatakan siap maju menjadi ketua umum partainya jika memang dihendaki kader Partai Demokrat.

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Krisis Demokrat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.