Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruhut: Maju Jadi Ketum, Marzuki Alie Superman?

Kompas.com - 13/03/2013, 19:36 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, mengkritik rencana pencalonan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie sebagai ketua umum dalam bursa kongres luar biasa (KLB) akhir Maret 2013 ini. Bahkan, Ruhut menilai Marzuki tidak akan bisa masuk dalam bursa karena masih menjabat sebagai Ketua DPR.

"Pak Marzuki Alie Ketua DPR, fokus saja sana. Mau rangkap jabatan ketum dan Ketua DPR bagaimana, memang dia Superman atau Batman?" kata Ruhut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Ruhut mengatakan, para kader Demokrat menginginkan sosok ketum partai yang bisa fokus dalam pembenahan partai. "Karena ini kongres luar biasa, maka harus ada ketum yang luar biasa pula," ucapnya.

Ruhut menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie untuk masuk dalam bursa. Sosok Pramono, kata Ruhut, memiliki integritas dan komunikasi yang baik dengan masyarakat, dan juga terkenal sederhana. "Kalaupun maju, saya dukung. Kalau bisa pensiun dini saja, karena dia kan baru bisa pensiun bulan Mei 2013," ucap Ruhut.

Seperti diberitakan, Anas Urbaningrum keluar dari Partai Demokrat setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek Hambalang. Posisi Ketua Umum Partai Demokrat kini masih kosong.

Rencananya, KLB akan dilakukan pada akhir Maret ini untuk menentukan ketua umum baru. Sejumlah nama beredar mulai dari kader internal seperti Marzuki Alie hingga kalangan eksternal, Djoko Suyanto dan Pramono Edhie. Marzuki Alie sempat mengatakan siap maju menjadi ketua umum partainya jika memang dihendaki kader Partai Demokrat.

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Krisis Demokrat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com