Meski Tak Mengerti Bahasa Indonesia, Warga AS Puji KotaK

Kompas.com - 11/06/2013, 16:44 WIB
EditorAti Kamil

WASHINGTON DC, KOMPAS.COM -- Untuk kali pertama, band KotaK dari Jakarta menggelar konser di AS, Minggu (9/6/2013) malam waktu setempat. Konser itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KotaK dalam kunjungan mereka ke tiga kota di AS.

Konser yang ditonton oleh kira-kira 100 warga negara Indonesia dan AS tersebut diadakan di kafe Jammin Java, yang terletak di Negara Bagian Virginia, sekitar 20 menit dari Washington DC. Ketiga personel KotaK, Tantri (vokal), Chua (bas), dan Cella (gitar), menghibur para penonton dengan lagu-lagu populer mereka, seperti "Rock Never Dies", "Selalu Cinta", dan "Pelan-pelan Saja".

"Menyenangkan, tidak seperti apa yang aku bayangkan sebelumnya, karena kan KotaK baru delapan tahun di industri musik.  Yang datang pun nyanyi terus, setidaknya tahu lagu-lagu KotaK. Mereka enjoy lah tadi malam," tutur Tantri kepada Voice of America (VOA).

"Persiapannya lebih ke fisik. Jokes yang biasa aku bawa di Indonesia, (dan) harus seperti apa di Amerika, masih tanya-tanya ke teman-teman di sini. Mental yang pasti, karena ini first time kami main di sini. Semoga orang-orang di sini bisa menangkap apa yang kami bawa, walau pun musik KotaK dalam bahasa Indonesia,” tambah Tantri.

Bagi Cella, gaya konser KotaK di Indonesia dan di luar negeri berbeda. Begitu pula persiapannya.

"Lebih (ke) aransemen lagu, karena suasana lagu yang kami bawain di Indonesia dan di sini beda. Jadi, kami persiapkan itu aja sih," ujar Cella.

"Kami ingin membuat konsep-konsep yang berbeda, yang jamming-jamming gitu,
supaya suasana konser lebih homey, akrab dengan penonton-penonton yang datang, khususnya untuk warga-warga Indonesia di sini,” ucap Chua.

Bagi para warga negara Indonesia di Washington D.C., konser KotaK bukan hanya menjadi penghibur hati, melainkan juga obat kangen akan musik Indonesia.

Puti Azhar, contohnya. Walau sudah sering mendengarkan lagu-lagu KotaK melalui radio dan televisi, ia baru kali pertama menonton konser KotaK.

"Keren banget ternyata performance-nya. Crowd-nya juga lumayan ramai malam ini. Vokalisnya atraktif banget. Seru, bisa interaktif dengan audience-nya. Suasanya lumayanlah ngobatin kangen,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.