Siapa Sebenarnya Pemilik Lagu "Happy Birthday To You"?

Kompas.com - 14/06/2013, 11:43 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan
NEW YORK, KOMPAS.com -- Lagu ringkas Happy Birthday to You kini tengah menjadi pergunjingan. Good Morning To You Productions Corp, sebuah perusahaan di New York, mengajukan gugatan di pengadilan agar mengeluarkan pengumuman bahwa lagu itu adalah domain publik.
 
Mereka juga meminta pengadilan tingkat federal di AS, Jumat,agar memerintahkan Warner/Chappel Music Inc, lini usaha musik Warner Music Group, untuk mengembalikan "jutaan dollar AS yang diperolehnya dari pungutan hak cipta ilegal".
 
Warner dituduh menarik pungutan dari reproduksi dan dari setiap penampilan lagu ini di publik.
"Lebih dari 120 tahun setelah melodi dari lirik sederhana Happy Birthday to You pertama kali disebarkan, pihak tertuduh Warner/Chappell tegas, namun secara keliru dan tak sah, menyatakan memiliki hak cipta untuk Happy Birthday to You,'" demikian bunyi tuduhan itu.
 
Wakil Warner/Chappell belum bisa mengomentari gugatan hukum ini.
 
 
Pihak penggugat mengaku pihaknya tengah membuat dokumenter mengenai lagu tersebut. 
 
Demi menghindari denda senilai 150 ribu dollar AS jika mereka menggunakan "Happy Birthday" tanpa izin, perusahaan ini mengaku telah membayar fee hak cipta sebesar 1.500 dollar AS Maret lalu.
 
Warner/Chappell telah mengeruk setidaknya 2 juta dollar AS setiap tahun dari fee hak cipta lagu tersebut, kata gugatan tersebut.
 
Lagu ini pertama kali disiarkan pada 1893 sebagai lagu berjudul Good Morning to All dan ditulis oleh dua bersaudara Patty dan Mildred Hill, sambung pihak penggugat.
 
Masyarakat kemudian menyanyikan lagu itu sebagai Happy Birthday to You setelah lagu itu siar.
 
Warner/Chappell mendapatkan hak cipta lagu ini setelah mengakuisisi Birch Tree Ltd pada 1998 yang asal muasalnya dari Clayton Summy, yaitu pihak yang membeli hak cipta lagu Good Morning to All dari Hill bersaudara pada 1893.
 
Robert Brauneis, profesor Fakultas Hukum Universitas George Washington, mengaku telah mencari ke seantero Amerika bukti hak cipta untuk melodi kombinasi lagu Good Morning to All dengan lirik Happy Birthday to You dalam artikel yang disiarkan pada 2009, namun dia tak menemukannya.
 
Para pemodal pimpinan Edgar Bronfman Jr. membeli Warner Music Group dari Time Warner Inc pada 2004 dan menjualnya ke pemiliknya sekarang, Access Industries Inc, pada 2011.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.