Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NOAH Tak Mau Kalah dari Pembajak

Kompas.com - 27/06/2013, 16:57 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebagai band yang sukses dalam industri musik Indonesia, NOAH tentu menjadi korban pembajakan karya, misalnya dalam bentuk DVD karaoke. Namun, grup yang terdiri dari Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), David (keyboard), dan Reza (drum) itu tak mau kalah dari pembajak.

"Jadi suatu kali saya pernah ketemu seseorang di daerah terpencil, dia punya kaset Peterpan (sebelum berganti nama menjadi NOAH). Pas saya main ke tempatnya, saya lihat ternyata itu bukan kaset tapi CD bajakan," cerita Ariel sekaligus mewakili teman-temannya dalam jumpa pers peluncuran DVD karaoke NOAH Seperti Seharusnya di The Foundry No. 8, Kawasan SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2013) malam.

Ketika itu Ariel mengaku tergelitik untuk mengetahui mengapa orang itu memilih untuk memiliki CD bajakan Peterpan. "Saya tanya, 'Kenapa beli bajakan? Kenapa kalau suka Peterpan enggak beli yang aslinya?' Dia bilang, 'Kalau beli aslinya, enggak ada gambarnya, enggak bisa nyanyi'," cerita Ariel lagi.

Ariel tak menampik kenyataan bahwa ketika itu mereka kalah satu langkah dari pembajak yang lebih dulu mengeluarkan CD karaoke Peterpan. Dengan latar belakang itu, akhirnya kini NOAH merilis produk terbaru mereka, DVD karaoke NOAH Seperti Seharusnya.

"Dari situ lahirnya gagasan untuk bikin DVD karaoke. 'Untuk memenuhi itu (harapan menonton video sambil bernyanyi), kayaknya kita harus bikin. Bukan cuma itu, kita belum bikin pun bajakannya sudah ada. Masa kita kalah sama bajakan?'" jelas Ariel dengan menirukan obrolannya bersama manajemen NOAH dan rekan-rekan segrupnya.

Akhirnya, DVD karaoke NOAH tersebut dirilis dengan memuat 10 lagu terkini mereka dalam album Seperti Seharusnya. Ariel dan kawan-kawan berharap, produk itu akan mengobati kerinduan para penggemar NOAH alias Sahabat NOAH, yang ingin berkaraoke dengan kualitas audio visual yang baik.

"Ini menyambung keinginan Sahabat NOAH yang gemar nyanyi. Sejauh yang kami bikin, orang suka yang punya aslinya. Ada (DVD karaoke lain) instrumentalnya (musiknya0 asli, tapi suaranya (vokal Ariel) enggak bisa dihilangin, karena bajakan," terang Ariel.

Menurut NOAH, langkah mereka itu merupakan salah satu cara untuk melawan pembajakan. "Betul, ini salah satunya (upaya) melawan bajakan. Banyak yang bisa dilakukan melawan pembajakan dari yang ekstrim sampai yang tidak ekstrim. Kalau yang ekstrim, mungkin kami bisa buat laporan, tapi berkarya ini merupakan langkah yang menyenangkan," ujar Ariel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com