Rupiah Anjlok, Promotor Konser Bingung

Kompas.com - 26/08/2013, 09:35 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Promotor pertunjukan, terutama konser, Adrie Subono mengaku bingung dengan situasi perekonomian Indonesia saat ini. Anjloknya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar AS diyakininya akan berpengaruh besar dalam penyelenggaraan konser di Indonesia ke depannya.

"Jujur saja, ada beberapa konser ke depan, saya beli artisnya waktu rupiah masih di kisaran Rp 9.500, sekarang sudah Rp 12.000, saya harus menyiasatinya dengan gimana," ungkapnya ketika diwawancara dalam acara Kompas Malam, KompasTV, Minggu (25/8/2013).

Menurut Adrie, untuk menghindari kerugian, pihaknya tidak bisa begitu saja menaikkan harga tiket atau memindahkan lokasi penyelenggaraan. Hal itu berlandas pada hal-hal yang sudah disepakati sebelumnya oleh seorang promotor bersama manajemen artis bersangkutan mengenai kapasitas dan fasilitas venue atau tempat penyelenggaraan dan harga tiket.

"Kita tidak bisa memindahkan semau kita saja. Dan, tiket sudah terjual, tiket kan terkategorikan dalam beberapa kelas, ada yang festival ada yang tribun. Tidak semua venue ada fasilitas seperti itu," jelasnya.

Terlebih lagi, kata Adrie lagi, belum ada kepastian kapan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS akan kembali normal. Padahal, ada sejumlah konser yang sudah terjadwal harus tetap dilaksanakan dalam waktu dekat ini. "Siapa tahu saya dapat keringanan pajak dari pemerintah," ujar bos Java Musikindo ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X