Trie Utami Kembali ke Pertanian Berakar Tradisi

Kompas.com - 30/08/2013, 13:41 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Trie Utami (45) tanpa banyak publikasi sudah lama merintis pertanian yang kembali pada akar tradisi. Ia membeli lahan persawahan di Ciamis, Jawa Barat. "Aku minta para penggarapnya menerapkan kembali cara- cara leluhur kita dalam menanam padi," ujar Iie, panggilan akrab penyanyi bersuara tinggi itu. Akhir pekan lalu, dia hadir dan bernyanyi dalam pentas Repertoar Garuda Wisnu di kawasan patung Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Menurut Iie, kita sudah banyak kehilangan warisan kebudayaan, terutama di bidang pertanian. "Sungguh penemuan yang luar biasa di zaman dulu leluhur kita menerapkan cara-cara bertani yang menghargai alam," katanya.

Setelah berjalan beberapa tahun ini, ujar Iie, hasil panen padi dengan pola penggarapan tradisional lebih banyak dibandingkan dengan padi yang digenjot pupuk kimia dan pestisida. Hasil panennya?

"Aku bagi-bagi lagi kepada keluarga yang menggarap lahan," ujar vokalis kelompok musik jazz Krakatau ini.

Setidaknya, tambahnya, upaya ini membuktikan bahwa alam akan memberi mereka yang menerapkan cara-cara eksplorasi yang ramah dan penuh penghormatan. "Jangan salah, alam itu maha pemurah, lho, kalau kita ramah...," katanya. (CAN)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.