Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trie Utami Kembali ke Pertanian Berakar Tradisi

Kompas.com - 30/08/2013, 13:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Trie Utami (45) tanpa banyak publikasi sudah lama merintis pertanian yang kembali pada akar tradisi. Ia membeli lahan persawahan di Ciamis, Jawa Barat. "Aku minta para penggarapnya menerapkan kembali cara- cara leluhur kita dalam menanam padi," ujar Iie, panggilan akrab penyanyi bersuara tinggi itu. Akhir pekan lalu, dia hadir dan bernyanyi dalam pentas Repertoar Garuda Wisnu di kawasan patung Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Menurut Iie, kita sudah banyak kehilangan warisan kebudayaan, terutama di bidang pertanian. "Sungguh penemuan yang luar biasa di zaman dulu leluhur kita menerapkan cara-cara bertani yang menghargai alam," katanya.

Setelah berjalan beberapa tahun ini, ujar Iie, hasil panen padi dengan pola penggarapan tradisional lebih banyak dibandingkan dengan padi yang digenjot pupuk kimia dan pestisida. Hasil panennya?

"Aku bagi-bagi lagi kepada keluarga yang menggarap lahan," ujar vokalis kelompok musik jazz Krakatau ini.

Setidaknya, tambahnya, upaya ini membuktikan bahwa alam akan memberi mereka yang menerapkan cara-cara eksplorasi yang ramah dan penuh penghormatan. "Jangan salah, alam itu maha pemurah, lho, kalau kita ramah...," katanya. (CAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com