Untuk Perjalanan Baru, d'Masiv Berbekal Tiga Semangat

Kompas.com - 06/09/2013, 17:00 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Memenangi kesempatan tampil dalam konser perayaan Arthur's Day, yang akan digelar di Dublin, Irlandia, 26 September 2013, bukan pencapaian teratas d'Masiv sepanjang 10 tahun dalam industri musik. Itu justru dianggap sebagai awal perjalanan baru oleh para personel bend tersebut, yaitu Rian Ekky Pradipta (vokal), Dwiki Aditya Marsall atau Kiki (gitar), Nurul Damar Ramadan atau Rama (gitar), Rayyi Kurniawan Iskandar Dinata (bas), dan Wahyu Piadji (drum).

"Hari ini merupakan perjalanan baru d'Masiv, yang kami kasih nama New Chapter of d'Masiv," jelas Rian dalam jumpa pers Arthur's Day di Balai Kartini, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (4/8/2013) malam.

Maksud Rian, perjalanan baru itu akan berupa rangkaian tur d'Masiv di beberapa negara lain di luar penampilan mereka dalam Arthur's Day.

"Tahun ini tahun yang luar biasa buat d'Masiv. Akan ada beberapa konser seperti di Hongkong, Taiwan, Malaysia, dan di Dublin (Irlandia). Kami enggak nyangka, lima anak muda dari Ciledug, Tangerang (d'Masiv), bisa tampil di Dublin," ucap Rian.

Untuk perjalanan tersebut, d'Masiv membekali diri dengan tiga semangat baru, Care, Creative, and Entertaining. "(Karier) d'Masiv dikenal cukup datar, jadi ini kami lakukan untuk d'Masiv lebih baik lagi dengan semangat Care, Creative, Entertaining," lanjut Rian.

Dijelaskan oleh Rian, Care merupakan pondasi bermusik yang dimiliki d'Masiv sejak dibentuk 10 tahun lalu.

"Care itu kata yang sangat simple, tapi sulit kami lakukan. Kami memulai band ini dengan rasa kepedulian. Dari awal kami bentuk, band ini bukan karena uang, tapi buat nyenengin banyak orang. Jadi, memang dari awal kami bikin band ini, kami main dari panggung ke panggung, seperti di (acara) sunatan," paparnya.

"Di 2009, saya dapat ilham untuk bikin lagu 'Jangan Menyerah'. Lagu itu ngasih spirit kami untuk terus melakukan hal-hal yang baik untuk banyak orang. Seperti pas ulang tahun ke-10, kami melakukan hal yang enggak biasa, kami main di tempat panti jompo, lokasi kebakaran, dan tempat korban kekerasan. Itu semakin membuat kami makin peduli sesama," lanjutnya.

Sementara itu untuk Creative, d'Masiv selalu berupaya menghasilkan karya yang lebih baik. "Creative itu visi misi kami dari awal bentuk band. Saat terjun ke festival, kami dituntut untuk aransemen lagu orang, di situ memang dituntut kreatif. Ke sininya, selain kami kasih suguhan musik, kami juga kasih visual, kami kasih special gimmic untuk ditampilkan," tutur Rayyi.

Yang terakhir, d'Masiv harus memiliki semangat Entertaining untuk memuaskan para penyuka musik mereka.

"Entertaining itu ada hubungannya sama Creative itu sendiri. Kalau mau menghibur, orang harus diawali dengan Creative itu sendiri. Misalnya, pas di rekaman kami main seperti ini, tapi pas perform kami selalu mempersembahkan performance yang beda, menghibur, aransemen baru, supaya d'Masiv enggak dikira mainnya begitu-begitu saja," ujar Kiki.

"Kami juga berpikir bagaimana d'Masiv bisa menghibur dengan fashion yang kami kenakan," tambah Rama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.