Mira Lesmana: Indonesia Bukan Cuma Jakarta

Kompas.com - 17/09/2013, 11:46 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Sutradara dan produser film Mira Lesmana (49) mengungkapkan keprihatinannya terhadap dunia film di Indonesia. Menurut dia, wajah film Indonesia sangat didominasi oleh wajah Jakarta. Dia cemas, aspirasi yang muncul dari generasi muda saat ini hanya mengacu pada Jakarta.

"Saat ini, 80 persen wajah film Indonesia adalah Jawa, khususnya Jakarta. Wajah Indonesia yang kaya keberagaman tidak dapat dilihat secara lengkap," papar Mira, pekan lalu, dalam dialog terkait Makassar SEAScreen Academy.

Makassar SEAScreen Academy adalah sebuah workshop perfilman bagi sineas muda dari Indonesia timur. Acara yang digagas oleh sutradara Riri Riza ini akan digelar untuk kedua kalinya pada 4-8 Oktober di Makassar, Sulawesi Selatan. Di situ Mira berperan sebagai kepala sekolah.

"Di dunia film kita, Indonesia timur adalah tempat yang sangat tidak dikenal. Industri film juga hanya ada di Jakarta. Padahal, banyak kisah dari Indonesia timur yang bisa diangkat," kata Mira.

Makassar SEAScreen Academy diharapkan memunculkan sineas muda yang akan melahirkan karya beragam sesuai latar belakang daerah mereka. Ajang ini juga diharapkan dalam jangka panjang dapat menumbuhkan jaringan distribusi film di Indonesia timur. (DOE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.