Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oki Setiana Dewi: Sutradara Chaerul Umam Berbeda

Kompas.com - 03/10/2013, 20:28 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Oki Setiana Dewi begitu terpukul mendengar kabar meninggalnya sutradara senior Chaerul Umam. Di mata Oki, Chaerul bukan hanya sutradara tapi juga seperti ayah dan guru yang tiada henti mengajarkannya di dunia seni peran.

"Dari awal casting Ketika Cinta Bertasbih, aku enggak bisa apa-apa itu diajarin sama Pak Chaerul Umam. Dia itu sudah aku anggep kayak bapak aku sendiri," paparnya saat ditemui di rumah duka di kawasan Duren Sawit, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Ia juga melihat Chaerul sebagai sosok sutradara yang berbeda. Ada aturan-aturan khusus yang harus dipatuhi kru dan pemeran selama bekerjasama dengannya. Menurut Oki, Chaerul tidak ingin ada asap rokok, pakaian minim dan adegan bersentuhan antara lawan jenis.

"Beliau orang hebat. Pejuang agama Allah. Idealisme yang sangat baik. Tidak terbawa arus. Semangatnya dalam berdakwah melalui bidangnya, sangat tinggi dan konsisten," puji Oki.

"Semua orang tahu, kalau shooting bersama beliau artinya, tidak ada rokok, tidak ada adegan bersentuhan bukan muhrim, tidak ada pakaian terbuka. Beliau berbeda dan Istiqomah," paparnya lagi.

Kini tinggal kenangan baik tentang almarhum yang masih melekat di hati dan pikiran Oki. Beberapa kali bekerjasama dengan Chaerul Umam, Oki selalu mengaggumi cara dan karyanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com