Oki Setiana Dewi: Sutradara Chaerul Umam Berbeda

Kompas.com - 03/10/2013, 20:28 WIB
|
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Oki Setiana Dewi begitu terpukul mendengar kabar meninggalnya sutradara senior Chaerul Umam. Di mata Oki, Chaerul bukan hanya sutradara tapi juga seperti ayah dan guru yang tiada henti mengajarkannya di dunia seni peran.

"Dari awal casting Ketika Cinta Bertasbih, aku enggak bisa apa-apa itu diajarin sama Pak Chaerul Umam. Dia itu sudah aku anggep kayak bapak aku sendiri," paparnya saat ditemui di rumah duka di kawasan Duren Sawit, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Ia juga melihat Chaerul sebagai sosok sutradara yang berbeda. Ada aturan-aturan khusus yang harus dipatuhi kru dan pemeran selama bekerjasama dengannya. Menurut Oki, Chaerul tidak ingin ada asap rokok, pakaian minim dan adegan bersentuhan antara lawan jenis.

"Beliau orang hebat. Pejuang agama Allah. Idealisme yang sangat baik. Tidak terbawa arus. Semangatnya dalam berdakwah melalui bidangnya, sangat tinggi dan konsisten," puji Oki.

"Semua orang tahu, kalau shooting bersama beliau artinya, tidak ada rokok, tidak ada adegan bersentuhan bukan muhrim, tidak ada pakaian terbuka. Beliau berbeda dan Istiqomah," paparnya lagi.

Kini tinggal kenangan baik tentang almarhum yang masih melekat di hati dan pikiran Oki. Beberapa kali bekerjasama dengan Chaerul Umam, Oki selalu mengaggumi cara dan karyanya. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X