Karena Video Musik, Miley Cyrus Berseteru dengan Sinead O'Connor

Kompas.com - 06/10/2013, 20:42 WIB
EditorAti Kamil
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Bintang pop AS Miley Cyrus (20) menyerang balik Sinead O'Connor (46), setelah penyanyi Irlandia itu memperingatkan Cyrus agar tidak dieksploitasi oleh bisnis musik.

Dalam sejumlah tweet-nya, Cyrus mengejek O'Connor dan membandingkannya dengan aktris Amanda Bynes sebelum menyinggung tentang masalah kesehatan mental O'Connor. O'Connor meresponnya dengan surat terbuka lainnya kepada Cyrus dan menuduh dia berkelakuan "tidak bertanggung jawab". O'Connor juga mengatakan agar Cyrus "segera menghilangkan tweet-nya".

Perselisihan antar mereka mulai terjadi setelah Cyrus meniru video musik untuk lagu "Nothing Compares 2 U" milik O'Connor, sebagai inspirasi bagi video musik untuk lagu "Wrecking Ball" milik Cyrus.

O'Connor mengatakan, dia terdorong untuk menulis surat terbuka kepada Cyrus "karena rasa keibuan" yang muncul setelah banyak telepon dari sejumlah koran yang memintanya berkomentar mengenai kemiripan kedua video tersebut.

Dalam video "Nothing Compares 2 U", O'Connor menitikkan airmata ketika menyanyikan lagu balada karya Prince itu. Cyrus menangis dalam video "Wrecking Ball", yang tema liriknya mirip dengan tema lirik O'Connor. Tetapi, dalam video tersebut Cyrus menjilat sebuah palu dan duduk di atas bola logam dalam kondisi telanjang.

Langkah hukum
Penampilan Miley Cyrus mengundang sejumlah kritik karena terlalu vulgar. Melalui Twitter, Cyrus menulis dengan gaya Irlandia "Top of the mornin to ya."

Cyrus mengunggah foto tweet O'Connor pada 2012, yang menulis bahwa dirinya memiliki masalah kesehatan mental dan meminta para follower-nya untuk memberi rekomendasi seorang psikiater. Cyrus membandingkan O'Connor dengan mantan aktris cilik Amanda Bynes, yang tengah menjalani perawatan oleh psikiater.

"Saya tidak memiliki waktu untuk menulis surat terbuka untuk Anda karena saya akan memandu acara dan tampil dalam SNL (Saturday Night Live, acara bincang-bincang di layar kaca) minggu ini," lanjut Cyrus.

Cyrus juga mengunggah foto O'Connor merobek foto Paus Yohanes Paulus II dalam Saturday Night Live edisi 3 Oktober 1992.

O'Connor mengatakan bahwa ia akan mengambil langkah hukum jika Cyrus tidak menghilangkan tweet-nya.

"Hari ini Anda mengunggah tweet milik saya dua tahun lalu, yang diunggah oleh saya ketika saya tidak sehat dan mencari bantuan," kata O'Connor.

"Anda mengejek saya dan Amanda Bynes yang mengalami masalah kesehatan mental dan mencari bantuan," sambungnya.

"Respon tersebut tidak pantas diberikan kepada orang yang peduli kepada Anda," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.