Happy Salma: Kita Harus Ikhlaskan Perubahan Hidup

Kompas.com - 03/11/2013, 14:06 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa menit sebelum pentas monolog Inggit Ganarsih, Sabtu (2/11/2013), suara Happy Salma (33) terdengar bergetar. "Aku harus mulai dari nol...," katanya sayup-sayup.

Ia memang sedang tidak bisa bersuara keras karena sudah berada di ruang ganti auditorium Gallery Indonesia Kaya (GIK), di pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Jakarta.

Happy bersama sutradara Wawan Shofwan harus melakukan beberapa perubahan, terutama mengingat ruang GIK yang berbeda. Panggung kecil yang menampung 200 penonton, itu lebih datar dibandingkan ruang-ruang pentas lain. "Jadi, semua harus disesuaikan, termasuk durasi, tidak boleh lebih dari 1,5 jam...," kata Happy dengan suara halus.

Jika dihitung sejak pertama kali dipentaskan tahun 2011, monolog yang naskahnya ditulis penyair Ahda Imran ini sudah dimainkan lebih dari empat kali. "Awalnya sih cuma buat keliling kampus aja...," tutur Happy.

Seluruh pentas itu, tambah Happy, pada akhirnya banyak memberi pengayaan sikap dalam bergaul.

"Aku kagum pada keikhlasan Inggit menerima perubahan dalam hidupnya. Semua dari kita juga mesti siap, jika suatu kali terjadi perubahan dalam hidup kita. Naik, turun, itu biasa saja...," ujar perempuan kelahiran Sukabumi, 4 Januari 1980 ini.

Jika penasaran pada keikhlasan Inggit, Happy, coba datang ke GIK. Pentasnya masih berlangsung sampai Minggu (3/11/2013). (CAN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.