Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eminem, Artist of the Year Versi YouTube Music Awards 2013

Kompas.com - 04/11/2013, 14:41 WIB
Ati Kamil

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — YouTube Music Awards 2013 atau yang pertama telah digelar di New York (AS), Minggu (3/10/2013) malam waktu setempat. Acara itu ditayangkan langsung melalui YouTube dari Studio Pier 36, New York, ke seluruh dunia. Acara berdurasi 90 menit tersebut dipandu oleh aktor Jason Schwartzman dan pemusik sekaligus komedian Reggie Watts.

Para penerima YouTube Music Awards 2013 dipilih oleh para penggemar. Eminem mendapat gelar Artist of the Year. Ia menyingkirkan ERB, Justin Bieber, Katy Perry, Macklemore & Ryan Lewis, Nicki Minaj, One Direction, Psy, Rihanna, dan Taylor Swift. Penghargaan tersebut diterimanya beberapa hari sebelum album studio kedelapannya, The Marshall Mathers LP 2, dirilis.

Sementara itu, video lagu "I Got a Boy" dari girlband Korea Selatan unggul dalam kategori Video of the Year. Video tersebut menurut YouTube sudah ditonton lebih dari 1,9 miliar kali menjelang tayangan langsung YouTube Music Awards 2013. Video tersebut mendepak "Epic Rap Battles of History (Barack Obama Vs Mitt Romney), "Heart Attack" (Demi Lovato), "Beauty and a Beat (Justin Bieber featuring Nicki Minaj), "Applause" (Lady Gaga), "Same Love" (Macklemore & Ryan Lewis featuring Mary Lambert), "We Can't Stop" (Miley Cyrus), "Best Song Ever" (One Direction), "Gentleman" (Psy), dan "Come & Get It" (Selena Gomez).

Dalam acara itu, Lady Gaga, Eminem, dan Arcade Fire manggung. Penampilan masing-masing diarahkan dan direkam seperti video musik live, dengan si artis musik sering dimunculkan sebagai pemeran pendukung untuk video bersangkutan. Creative Director acara tersebut, Spike Jonze, mengatakan bahwa acara itu dibuat dengan pemikiran yang berangkat dari pengalaman YouTube selama ini dalam hal berbagi video.

YouTube Music Awards menjadi ajang penghargaan yang terbaru berkait dengan kecenderungan kuat para pengguna internet untuk mencari musik di internet. Berbeda dari ajang-ajang penghargaan terdahulu, YouTube Music Awards mengaitkan para nomine dengan bagaimana para pengguna internet menyikapi video di internet berdasarkan, "jumlah penonton, pelanggan video, dan/atau metrik komunikasi."

Daftar peraih YouTube Music Awards 2013
Artist of the Year
Eminem

Video of the Year
"I Got a Boy" (Girls' Generation)

Response of the Year
Lindsey Stirling & Pentatonix ("Radioactive")

YouTube Phenomenon
"I Knew You were Trouble"

YouTube Breakthrough
Macklemore & Ryan Lewis

Innovation of the Year
DeStorm ("See Me Standing").

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com