Eminem, Artist of the Year Versi YouTube Music Awards 2013

Kompas.com - 04/11/2013, 14:41 WIB
Eminem AFP PHOTOEminem
Penulis Ati Kamil
|
EditorAti Kamil
NEW YORK, KOMPAS.com — YouTube Music Awards 2013 atau yang pertama telah digelar di New York (AS), Minggu (3/10/2013) malam waktu setempat. Acara itu ditayangkan langsung melalui YouTube dari Studio Pier 36, New York, ke seluruh dunia. Acara berdurasi 90 menit tersebut dipandu oleh aktor Jason Schwartzman dan pemusik sekaligus komedian Reggie Watts.

Para penerima YouTube Music Awards 2013 dipilih oleh para penggemar. Eminem mendapat gelar Artist of the Year. Ia menyingkirkan ERB, Justin Bieber, Katy Perry, Macklemore & Ryan Lewis, Nicki Minaj, One Direction, Psy, Rihanna, dan Taylor Swift. Penghargaan tersebut diterimanya beberapa hari sebelum album studio kedelapannya, The Marshall Mathers LP 2, dirilis.

Sementara itu, video lagu "I Got a Boy" dari girlband Korea Selatan unggul dalam kategori Video of the Year. Video tersebut menurut YouTube sudah ditonton lebih dari 1,9 miliar kali menjelang tayangan langsung YouTube Music Awards 2013. Video tersebut mendepak "Epic Rap Battles of History (Barack Obama Vs Mitt Romney), "Heart Attack" (Demi Lovato), "Beauty and a Beat (Justin Bieber featuring Nicki Minaj), "Applause" (Lady Gaga), "Same Love" (Macklemore & Ryan Lewis featuring Mary Lambert), "We Can't Stop" (Miley Cyrus), "Best Song Ever" (One Direction), "Gentleman" (Psy), dan "Come & Get It" (Selena Gomez).

Dalam acara itu, Lady Gaga, Eminem, dan Arcade Fire manggung. Penampilan masing-masing diarahkan dan direkam seperti video musik live, dengan si artis musik sering dimunculkan sebagai pemeran pendukung untuk video bersangkutan. Creative Director acara tersebut, Spike Jonze, mengatakan bahwa acara itu dibuat dengan pemikiran yang berangkat dari pengalaman YouTube selama ini dalam hal berbagi video.

YouTube Music Awards menjadi ajang penghargaan yang terbaru berkait dengan kecenderungan kuat para pengguna internet untuk mencari musik di internet. Berbeda dari ajang-ajang penghargaan terdahulu, YouTube Music Awards mengaitkan para nomine dengan bagaimana para pengguna internet menyikapi video di internet berdasarkan, "jumlah penonton, pelanggan video, dan/atau metrik komunikasi."

Daftar peraih YouTube Music Awards 2013
Artist of the Year
Eminem

Video of the Year
"I Got a Boy" (Girls' Generation)

Response of the Year
Lindsey Stirling & Pentatonix ("Radioactive")

YouTube Phenomenon
"I Knew You were Trouble"

YouTube Breakthrough
Macklemore & Ryan Lewis

Innovation of the Year
DeStorm ("See Me Standing").Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.