"Garuda Superhero", Mimpi Anak Singkong Bikin Film Hollywood

Kompas.com - 21/11/2013, 14:34 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser dari rumah produksi Putaar Production, Dhoni Ramadhan, merasa optimistis "Garuda Superhero" bakal melejit ketika mulai diputar pada Juni 2014 nanti. Bagi Dhoni, film animasi pahlawan super yang diklaim pertama di Indonesia ini tak kalah menariknya dengan film serupa produksi Hollywood.

"Ini mimpinya anak singkong yang ingin buat film Hollywood. Hollywood itu kan seolah dunia milik mereka karena idenya jalan terus," kata Dhoni saat bincang-bincang di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2013).

Diceritakan Dhoni, Garuda Superhero mengangkat kisah kepahlawanan Bara, seorang lelaki yang ayahnya terbunuh. "Dia lahir seorang anak polisi pangkat rendahan. Dia diangkat anak sama orang kaya dan dikasih nama Bara. Kenapa harus orang kaya? Karena dia kan bisa punya kostum superhero seperti itu. Akhirnya pas dewasa dia dikasih tahu dia dulu bernama Garuda," cerita Dhoni memberi sedikit bocoran.

Darah penegak kebenaran menitis ke jiwa Garuda yang akhirnya memerangi mutant dari luar angkasa yang berupaya menghancurkan Metro City. "Kotanya antah berantah, musuhnya semacam mutant, kalau enggak mutant tank enggak akan hancur seperti itu. Film Garuda ini pengin melahirkan kepedulian," lanjut Dhoni.

Agar karakter pahlawan super ini hidup, Dhoni memercayakan L-Men of The Year 2012, Rizal Idrus memainkan tokoh Garuda.

"Ada beberapa kandidat, tapi saya cenderung mencari tokoh superhero yang belum terkontaminasi. Akhirnya jatuh pilihan ke Idrus, yang ternyata dia adalah dokter, dan duta antirokok. Makanya ini film animasi yang segar, kita ini enggak punya superhero, Gatot Kaca juga terlalu tradisional. Genre ini saya bikin jadi genre keluarga," jelas Dhoni.

Selain itu, identitas Garuda Superhero dijamin Dhoni tak akan melepaskan ciri khas bangsa. "Kearifan lokal itu kalau lihat di cap (topeng Garuda) itu ada bonggol wayang, nanti ada serangan dari luar angkasa itu sebenarnya pakai senjata Pandawa Lima. Khusus di lengan Garuda ada bendera merah putih," pungkas produser film "Kun Fayakuun", "Pengejar Angin", "Gending Sriwijaya", "King of Rock City", dan "Tak Sempurna" tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.