Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matahari Awal Edo Kondologit

Kompas.com - 16/12/2013, 09:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Ehud Edward Kondologit, kelahiran Malanu, Sorong, Papua Barat, 5 Agustus 1967, dan bertempat tinggal tetap di Bintaro, Tangerang Selatan, dua tiga bulan terakhir ini giat mendatangi sejumlah tempat di Papua.

Banyak kampung, desa, kota, wilayah transmigrasi, kampus-kampus perguruan tinggi, dan berbagai macam acara dia datangi. Selain melantunkan berbagai macam lagu, banyak hal yang juga ia sampaikan kepada orang-orang yang dia jumpai.

Satu hal yang selalu dia ulangi adalah memotivasi agar penduduk asli Papua sanggup menolong diri sendiri untuk memajukan pulau mereka yang ada di ufuk timur Indonesia.

"Kita, orang Papua, berada di tempat yang pertama menerima sinar matahari sebelum saudara-saudara kita di wilayah tengah dan barat Indonesia," kata putra dari pasangan Onesimus Kondologit dan Narnalina Ajolo ini.

Oleh karena itu, kata Edo, yang sedang berada di Bogor, pekan lalu, "Orang Papua seharusnya mampu membuat Papua lebih makmur ketimbang wilayah tengah dan barat Indonesia."

Sinar matahari, lanjut Edo, memberi banyak energi bagi manusia. "Sebelum orang-orang di bagian tengah dan barat Indonesia masih tidur nyenyak dan belum mendapat energi, orang Papua sudah bangun dan menerima energi matahari. Jadi, harus lebih maju," ujar ayah Itamar Lemuela Barbalina ini.

"Kalau Papua belum semaju wilayah lain, perlu ada evaluasi diri dalam diri Papua," lanjutnya.

Edo, mantap. (OSD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com