Matahari Awal Edo Kondologit

Kompas.com - 16/12/2013, 09:56 WIB
Edo Kondologit KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHIEdo Kondologit
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Ehud Edward Kondologit, kelahiran Malanu, Sorong, Papua Barat, 5 Agustus 1967, dan bertempat tinggal tetap di Bintaro, Tangerang Selatan, dua tiga bulan terakhir ini giat mendatangi sejumlah tempat di Papua.

Banyak kampung, desa, kota, wilayah transmigrasi, kampus-kampus perguruan tinggi, dan berbagai macam acara dia datangi. Selain melantunkan berbagai macam lagu, banyak hal yang juga ia sampaikan kepada orang-orang yang dia jumpai.

Satu hal yang selalu dia ulangi adalah memotivasi agar penduduk asli Papua sanggup menolong diri sendiri untuk memajukan pulau mereka yang ada di ufuk timur Indonesia.

"Kita, orang Papua, berada di tempat yang pertama menerima sinar matahari sebelum saudara-saudara kita di wilayah tengah dan barat Indonesia," kata putra dari pasangan Onesimus Kondologit dan Narnalina Ajolo ini.

Oleh karena itu, kata Edo, yang sedang berada di Bogor, pekan lalu, "Orang Papua seharusnya mampu membuat Papua lebih makmur ketimbang wilayah tengah dan barat Indonesia."

Sinar matahari, lanjut Edo, memberi banyak energi bagi manusia. "Sebelum orang-orang di bagian tengah dan barat Indonesia masih tidur nyenyak dan belum mendapat energi, orang Papua sudah bangun dan menerima energi matahari. Jadi, harus lebih maju," ujar ayah Itamar Lemuela Barbalina ini.

"Kalau Papua belum semaju wilayah lain, perlu ada evaluasi diri dalam diri Papua," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Edo, mantap. (OSD)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.