Lala Karmela, Pemerhati Transportasi Publik

Kompas.com - 31/12/2013, 18:36 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Diam-diam penyanyi Lala Karmela (28) menjadi pengamat transportasi publik di Ibu Kota. Maklumlah, setiap hari ia harus menghadapi kemacetan dari rumahnya di Cinere, Depok, Jawa Barat, ke arah Jakarta.

"Aku memang tak menyetir sendiri, ada sopir. Tetapi kasihan melihat dia stres karena jalan macet sekali," kata Lala, pekan lalu.

Dara bertubuh mungil tersebut mengaku tak sanggup menyetir mobil di Jakarta. Selain merasa repot, ia juga mesti konsentrasi ke banyak hal.

"Selain kuliah, aku harus mengurusi hal lain, yang berkaitan dengan karierku (di bidang tarik suara). Daripada stres dan malah enggak bisa mikir, lebih baik tak menyetir," ujar Lala.

Ia menguraikan makin padatnya jalanan oleh mobil dan sepeda motor yang jumlahnya terus bertambah. Belum lagi perilaku pengendara yang saling tak mau mengalah.

"Sekarang orang beli mobil dan motor kayak beli kacang goreng saja. Jakarta butuh transportasi publik yang nyaman, aman, dan banyak agar orang mau naik kendaraan umum," katanya.

Menurut Lala, seharusnya sekolah juga mengelola mobil antar-jemput supaya siswa naik mobil itu. Tidak perlu membawa mobil sendiri yang menambah padat jalan.

"Kalau Jakarta lancar kayak hari Jumat ini, aku mau diajak keliling Jakarta, he-he...," lanjut Lala yang akan manggung di Kuta, Bali, pada 1 Januari 2014. (TRI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.