Ketika Kecil, Budjana Sering Dengarkan Kaset Lawakan Jojon

Kompas.com - 06/03/2014, 12:22 WIB
Gitaris I Dewa Gede Budjana (tengah) berfoto bersama pelawak Jojon (kanan) dan David (kiri), vokalis band NAIF. Dok PribadiGitaris I Dewa Gede Budjana (tengah) berfoto bersama pelawak Jojon (kanan) dan David (kiri), vokalis band NAIF.
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Gitaris band GIGI, I Gede Dewa Budjana (50), yang akrab disapa Dewa Budjana, mengaku bahwa dirinya sejak kecil sudah mengenal lawakan almarhum Jojon. Pada masa kanak-kanaknya, Budjana kerap menikmati kaset lawakan Jojon bersama rekan-rekannya dalam kelompok lawak Jayakarta Group.

"Wah itu saya dari kecil sering dengar lawakannya. Dulu kan kenal Jojon sama grup Jayakarta itu tahun 1980-an ya. Kenalnya dari almarhum ayah saya yang sering putar kasetnya (rekaman lawakan) Jayakarta," kenang Budjana, yang sedang berada di Bandung, ketika diwawancara melalui telepon oleh Kompas.com di Jakarta, Kamis (6/3/2014).

Meski kaset rekaman itu diputar berulang kali, Budjana kecil tak pernah bosan mendengarkannya.

"Kami keluarga dari Bali, waktu itu ada di Surabaya. Kalau Srimulat kan Jawa Timur banget, kalau Jayakarta ini setiap diputar lagi kasetnya, kami sekeluarga itu pasti tertawa," cerita Budjana mengenang lawakan komedian yang meninggal pada usia 66 tahun, Kamis (6/3/2014) pukul 06.10 WIB di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur.

Selain penampilannya identik dengan celana normal high waisted bersuspender serta kumis ala Adolf Hitler atau Charlie Chaplin, Jojon yang lahir di Karawang, Jawa Barat, 5 Juni 1947, dengan nama Djuhri Masdjan itu juga dikenal memiliki ciri khas yang lain dalam kenangan Budjana.

"Saya paling ingat itu kalau Jojon manggil Cahyono. 'Cahyonooo... ooo...'," ucap Budjana meniru gaya bicara Jojon, yang menggoda ketika memanggil rekan satu grupnya ketika itu, pelawak Cahyono.

"Dia baru muncul aja sudah lucu. Enggak ngomong aja bisa bikin orang ketawa," lanjutnya.

Seiring perjalanan waktu, Budjana kemudian hijrah ke Jakarta dan berkarier sebagai gitaris solo atau personel band, antara lain GIGI, sampai sekarang. Suatu ketika, sekian tahun lalu, Budjana akhirnya mendapat kesempatan untuk berfoto bareng Jojon.

"Saya enggak kenal secara pribadi, kenal di panggung saja. Tapi, pas ketemu, orangnya sederhana," ucap Budjana, yang saat ini memajang foto kenangan tersebut sebagai display picture BlackBerry Messenger-nya.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X