Atiqah Hasiholan Dapat Tantangan dari Perempuan Karo

Kompas.com - 02/06/2014, 17:08 WIB
|
EditorAti Kamil
MEDAN, KOMPAS.com -- Artis peran Atiqah Hasiholan (32) mendapat peran yang dianggapnya menantang dalam film 3 Nafas Likas, yang diproduksi oleh Oreima Films. Di bawah arahan sutradara Rako Prijanto, Atiqah harus memainkan karakter Likas Gintings dalam tiga era.

"Yang menantang karena film ini kan punya time lapse yang bercerita dari Likas berusia 16 tahun sampai 50 tahun. Aku belum pernah memerankan karakter seperti ini secara runut. Ceritanya juga terpecah-pecah," kata Atiqah di sela shooting 3 Nafas Likas, di Lanud Polonia, Medan, Sumatera Utara, Sabtu lalu (31/5/2014).

Diceritakan oleh Atiqah, film tersebut berlatar tiga era, dari 1930-an hingga 2000. Dalam perjalanan waktu itu dipotret juga kejadian-kejadian penting di Indonesia, dari Perang Kemerdekaan, revolusi 1960-an, hingga masa kejayaan perekonomian Indonesia.

Cerita dalam film itu berlatar sejumlah lokasi, yakni tujuh kota Sumatera Utara, Jakarta,dan Ottawa (Kanada). Dalam film yang juga diperankan oleh Vino G Bastian, Tuti Kirana, Marissa Anita, dan Mario Irwinsyah tersebut, Likas, yang berdarah Karo, dikisahkan menjalani kehidupan luar biasa. Likas berhasil meraih berbagai pencapaian dan keberhasilan, karena ia memegang teguh tiga janji yang pernah diucapkannya kepada tiga orang terpenting dalam hidupnya. Janji-janji itulah yang selalu ada dalam setiap tarikan napasnya, yang memberi semangat dalam setiap tindakannya.

Selain tantangan memerankan Likas dalam tiga era, Atiqah--yang berdarah Arab dari garis ayahnya dan berdarah Batak Toba dari garis ibunya--juga harus fasih berdialek Karo. "Secara karakter manusia kurang lebih sama, tapi dari cara bicara beda. Tipis saja sudah beda," ujar Atiqah.

Bagi istri artis peran Rio Dewanto ini, dengan ambil bagian dalam film tersebut ia bisa mengenal  kearifan budaya Karo.

"Menyenangkan, aku dapat kesempatan untuk mempelajari adat Karo dan pengalaman panjang lainnya selama shooting. Kan pindah-pindah lokasi juga, aku jadi dapat kesempatan pergi-pergi di Sumatera Utara, kayak ke Bakkara (di Kabupaten Humbang Hasundutan), Dolok Sanggul (di Kabupaten Humbang Hasundutan), Brastagi, Kabanjahe, Tebing Tinggi," kisah Atiqah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.