Media Jerman Soroti Baju Ahmad Dhani yang Mirip Seragam Pemimpin Nazi

Kompas.com - 25/06/2014, 07:47 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Media online berbahasa Jerman, Spiegel, menyoroti pemunculan simbol-simbol yang menyerupai identitas Nazi dalam perhelatan politik Indonesia. Salah satu sorotan tersebut tertuju kepada pakaian yang dikenakan oleh musisi Ahmad Dhani dalam video lagu dukungan untuk pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dhani tampil bersama tiga finalis Indonesia Idol, membawakan lagu modifikasi dari "We Will Rock You" milik Queen. Lagu modifikasi tersebut diberi judul "Prabowo-Hatta: We Will Rock You". Dalam video lagu itu, Dhani mengenakan mantel hitam, dengan dua kantong di dada, tanda pangkat, dan emblem di kerah.

Menurut Spiegel, pakaian Dhani ini mirip dengan seragam para pemimpin Nazi. Pakaian ini disebut secara spesifik menyerupai jaket seragam pemimpin Nazi, Heinrich Himmler. Kemiripan tersebut diperkuat dengan pemasangan emblem merah pada kerah dan saku dada.

Dalam tulisan berjudul "Indonesien: Wahlkampf in Himmlers SS-Uniform", Spiegel menulis simbol rezim Nazi ini terlihat sengaja dipakai di Indonesia untuk mempertontonkan kekuatan militer dan efisiensi pemerintahan.

Selain menyoroti penampilan Dhani, media ini pun menyinggung penggunaan simbol Nazi di Indonesia yang bahkan terlihat di sebuah kafe di Kota Bandung, Jawa Barat, yang semua pelayannya memakai seragam Nazi, serta toko buku yang menjual pernak-pernik simbol Nazi.

Artis musik Anggun Cipta Sasmi (40), melalui akun twitternya @Anggun_Cipta, mengungkapkan kekecewaannya pada Dhani (baca: Ahmad Dhani Kenakan Kostum Mirip Seragam Nazi, Anggun C Sasmi Kecewa). 

Bukan Anggun saja yang merasa kecewa. Glenn Fredly pun demikian. Sebagaimana Anggun, Glen juga mengungkapkan kekecewaannya melalui akun Twitter @GlennFredly (baca: Glenn Fredly: Ahmad Dhani Berhasil Permalukan Diri Sendiri).

Menanggapi sejumlah pernyataan tersebut, Ahmad Dhani memberikan jawaban juga melalui akun twitter, @AHMADDHANIPRAST (baca: Ahmad Dhani Tanggapi Mereka yang Menyebutnya Fasis)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.