Kompas.com - 23/07/2014, 11:36 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Aktor kawakan Ray Sahetapy (57) mendukung sikap pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, yang meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menghentikan rekapitulasi suara hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2014-2019. Menurut Ray, langkah mereka tepat jika bertujuan untuk mengurangi kecurangan.

"Itu pelajaran juga buat penyelenggara, betul-betul ke depannya gimana cara untuk meminimalisasi kecurangan," kata Ray dalam wawancara di Setiabudi Building, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/7/2014).

Ray melanjutkan, jika Prabowo-Hatta ingin melanjutkan langkah hukum dengan menggugat KPU ke Mahkamah Konstitusi, sebaiknya mereka membawa bukti-bukti kuat untuk mengungkap kecurangan.

"Harus itu (menggugat), kalau ada bukti-bukti, kecuali kalau mengada-ada. Ini kan (raihan suara) beda tipis, kalau perlu diulang," ujar Ray.

"Memang secara bijak kalau menggugat itu enggak apa-apa buat kebenaran-kebenaran," sambung Ray.

Diberitakan Kompas.com, tim hukum Prabowo Subianto-Hatta Rajasa melaporkan KPU ke Mabes Polri, Senin (21/7/2014) sore. Pelaporan tersebut dilakukan oleh mereka terkait langkah KPU yang tetap melakukan rekapitulasi nasional. Sebelumnya, Prabowo-Hatta mengimbau agar KPU untuk menunda rekapitulasi nasional karena masih terjadi banyak kecurangan di berbagai daerah. Prabowo-Hatta merasa KPU tidak layak mengumumkan hasil rekapitulasi jika berbagai persoalan belum diselesaikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.