Gilang Dirga Memilih Otodidak

Kompas.com - 23/08/2014, 16:38 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain film dan pembawa acara Gilang Dirga memilih otodidak daripada menuntut ilmu di bangku kuliah. Toh, aneka pekerjaan yang dia lakoni sejak tahun 2008 mulai membawa hasil.

"Setidaknya aku sudah bisa mandiri, tidak merepotkan orangtua lagi," kata pemuda asal Bengkulu yang pada 17 Agustus lalu genap berusia 25 tahun ini.

Ditemui pekan lalu, di kawasan Senayan, Jakarta, Gilang yang pintar menirukan suara para penyanyi pop Indonesia, seperti Ariel "NOAH", ini menyatakan cukup puas atas pencapaiannya.

"Pada awal aku berkarier di bidang hiburan, orangtua menentang. Mereka berpendapat, sebaiknya aku kuliah dulu, tetapi aku memilih setelah lulus SMA langsung bekerja," katanya.

Pemuda yang mengawali karier di bidang modeling tahun 2008 tersebut bersikukuh bisa belajar sendiri.

"Aku belajar akting, misalnya, dari nonton film-film yang bagus atau dari para pemain film senior. Lagi pula, sekarang apa, sih, yang enggak ada di internet, kita tinggal mau belajar apa enggak," ujarnya.

Kemauan belajar sendiri yang amat besar membuat Gilang bisa menjadi pelawak, pemain sinetron dan film, serta penyanyi.

Setidaknya dia bisa membuktikan kepada orangtua yang bekerja sebagai pegawai pada sebuah badan usaha milik negara bahwa otodidak bisa membuat kariernya berkembang. (TRI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.