Abimana Aryasatya: Indonesia Tempat Paling Indah

Kompas.com - 23/09/2014, 18:24 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Abimana Aryasatya (31), yang biasa disapa Abi, telah melawat ke delapan negeri di luar Indonesia demi melakoni peran sebagai Mada, tokoh utama dalam film Haji Backpacker. Namun, Abi mengaku lebih menyukai Indonesia, yang menjadi tempat shooting film tersebut, daripada delapan negeri lain yang juga menjadi lokasi shooting film tersebut.

Haji Backpacker adalah film mengenai perjalanan spiritual Mada, dari Jakarta, Indonesia ke Mekkah, Arab Saudi, melalui jalur darat melewati Thailand, Vietnam Selatan, Tiongkok, India, Tibet, Nepal, dan Iran.

"Setelah pergi kemana pun, Indonesia tempat paling indah dibanding tempat lain," ujar Abi dalam wawancara oleh Kompas.com di Bentara Budaya Jakarta, Senin (22/9/2014).

"Poinnya adalah gue recommend sutradara lain untuk shooting di Indonesia aja, capek (kalau shooting di luar negeri)," ujar Abi lagi.

Ia menganggap Indonesia, dengan segala kesemerawutannya, tetaplah merupakan negara terbaik dibandingkan dengan, sebut saja, Tiongkok dan India.

"Kalau China (Tiongkok), gue enggak cocok sama culture-nya. Belum tentu bisa gue hidup di sana. Apalagi Lijiang, monoton, sepi. Gue menyerah kalau di situ. Gue suka tempat sepi, tapi enggak semonoton itu," tutur Abi.

"India pun, yang over-crowded, gue enggak bisa. Jakarta sudah chaos dengan segala kemacetan, India dobel-dobel chaos-nya. Makanan juga, semua rasanya kari," lanjut Abi lalu tertawa.

Meski belum beradaptasi dengan apa yang ada di berbagai tempat tersebut, Abi mengaku merasa terbantu oleh hal-hal yang sama sekali baru baginya itu untuk mendalami karakter Mada.

"Makanya, waktu dia (Danial) ngajakin observasi, gue enggak mau ikut, karena impact dari lingkungan juga ngebantu gue. Bingung, sepi, sendirian, enggak tau mau ke mana, kebingungan asing. Kalau gue udah terbiasa dengan lingkungan, gue enggak akan bingung, enggak akan merasa asing," ucap Abi sambil menunjuk ke sutradara Haji Bacpacker, Danial Rifki.

"Gue juga beruntung dapat (disutradarai oleh) Danial, karena dia itu pengin dapat suasana yang real, itu sangat ngebantu banget," puji Abi.

Selain dibintangi oleh Abi, film produksi Falcon Pictures tersebut juga dimainkan oleh artis-artis peran ternama lainnya, yaitu Laudya Cynthia Bella, Laura Basuki, Pipik Dian Irawati (istri almarhum Ustaz Jefri Al Buchori), Ray Sahetapy, Dion Wiyoko, dan Kenes Andari. Haji Bacpacker akan mulai ditayangkan di semua gedung bioskop di Indonesia pada 2 Oktober 2014. (Benedictus Gemilang Adinda)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.