Jajang C Noer Selalu Jadi Orang Kampung

Kompas.com - 08/10/2014, 17:03 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Tidak ada lagi yang meragukan kemampuan Jajang C Noer dalam berakting. Ketika teman-teman seangkatannya mulai surut, artis dan pemain teater berusia 62 tahun ini tetap laris di dunia film. Rupanya Jajang punya rahasia agar bisa tetap eksis.

"Saya selalu mengejar-ngejar sutradara biar diarahkan sama dia," kata Jajang.

Namun, hal itu hanya berlaku bagi sutradara muda yang berkualitas di mata Jajang. Menurut perempuan peraih berbagai penghargaan film ini, sutradara merupakan kunci dari film berkualitas. Sebagus apa pun skenario film, jika sutradara tidak mampu mengarahkan, film akan gagal dalam menyampaikan pesan cerita.

Selasa (7/10/2014), Jajang hadir dalam acara peluncuran film terbaru yang diperankannya berjudul 3 Nafas Likas. Di situ ia berperan sebagai perempuan kampung dari Batak Karo yang kolot dalam kungkungan tradisi.

"Saya heran kenapa, ya, selalu dapat peran jadi orang kampung? Tapi, saya senang jadi orang kampung," kata Jajang yang pada film ini memerankan ibu kandung Likas yang tidak ingin anak perempuannya sekolah jauh-jauh dari kampung halamannya di Desa Sibolangit, Sumatera Utara.

Sebelum film 3 Nafas Likas, Jajang juga mendapat peran sebagai orang kampung penjaga warung di Desa Tobelo dalam film Cahaya dari Timur arahan sutradara Angga Dwi Sasongko.

Jajang mendapatkan peran di Cahaya dari Timur karena ia rajin mengejar-ngejar Angga.

"Pokoknya kalau ada sutradara bagus, saya tempel terus, saya teror supaya mau mengajak saya ikut main film. He-he-he," ujar Jajang.

Tahun depan, Jajang kembali mendapat peran sebagai orang kampung, kali ini dari daerah Kutai Kartanegara. Ada lagi peran lain yang menanti sebagai opung dari keluarga TB Silalahi. Ia menjadi perempuan Batak Balige arahan sutradara Benny Setyawan.

Ada beberapa nama sutradara yang sampai sekarang masih terus "diburu" oleh Jajang agar mau menjadi sutradaranya. Siapakah dia?

"Joko Anwar," kata Jajang mantap. (Lusiana Indriasari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.