Benny Likumahuwa Mengenang Jazz Goes To Campus Pertama

Kompas.com - 02/11/2014, 20:18 WIB
Pemain trombon kawakan Benny Likumahuwa tampil di Jazz Gunung: Indahnya Jazz, Merdunya Gunung, di Java Banana, Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (22/6/2013) malam. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAPemain trombon kawakan Benny Likumahuwa tampil di Jazz Gunung: Indahnya Jazz, Merdunya Gunung, di Java Banana, Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (22/6/2013) malam.
|
EditorAti Kamil
DEPOK, KOMPAS.com -- Pemusik jazz kenamaan Benny Likumahuwa (68), yang terkenal dengan permainan trombon, akan membawa sebuah proyek musik berjudul Tribute to Salemba ke The 37th Jazz Goes To Campus (JGTC ke-37 atau JGTC 2014), yang akan diselenggarakan di pelataran parkir Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Depok, Jawa Barat, 30 November 2014. Benny mengatakan, Tribute to Salemba disajikan olehnya untuk mengenang penampilannya bersama sejumlah pemusik jazz kenamaan lainnya, yang kini telah tiada, dalam JGTC pertama, yang diadakan di Kampus FEUI, Salemba, Jakarta Pusat, pada 1976.

"Project Tribute to Salemba, saya ingat kami main di Salemba tahun 1976, waktu itu sama almarhum Jack Lesmana, almarhum Bubi Chen, ada almarhum Maryono, itu (sekarang) sudah almarhum semua. Ini permintaan khusus supaya kami bikin Tribute to Salemba," tutur Benny dalam jumpa pers JGTC 2014 di Selasar FE UI, Depok, Jawa Barat, Jumat lalu (31/10/2014).

Untuk proyek itu, Benny mengajak beberapa rekan bermusiknya yang pernah menjadi bagian dari sejarah JGTC pertama. Mereka adalah Candra Darusman (piano), Abadi Soesman (keyboard), Rien Djamain (vokal), Mates (bas), Benny Mustapha (drum), Eddy Syakroni (drum), dan Iwang Gumiwang (perkusi).

"Saya pilih saja yang ada, orang tertentu, yang bisa mewakili semuanya. Karena pemain drumnya, Jacky Pattiselanno, waktu itu lagi sakit, saya akhirnya ajak Eddy Syakroni, yang permainannya mendekati, mirip," cerita Benny.

Tak seperti dalam JGTC pertama, Benny tak akan menyuguhkan jazz tradisional dalam JGTC 2014.

"Nanti kumpul sambil ingat-ingat. Kayaknya enggak yang traditional jazz, karena enggak ngerti, karena yang waktu itu pemainnya sudah meninggal semua. Jadi, nanti ada sedikit rock jazz," jelas Benny.

Sebelum JGTC tahun ini akan ada serangkaian acara pendahulunya. Rangkaian acara itu akan dimulai dengan JGTC Clinic bagi para peserta JGTC Competition di The Rhesonanz Music Studio and Entertainment, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 2 November 2014. Setelahnya, pada 14 November 2014, akan ada JGTC Roadshow di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, dengan bintang tamu pemusik jazz Idang Rasjidi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.