Dream Theater tanpa Air Mata Itu...

Kompas.com - 02/11/2014, 21:58 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- "Banyak air mata yang menyertai terciptanya lagu ini," kata John Petrucci (47), awak band Dream Theater, tentang lagu "Take Away My Pain". Air mata itu menjelma menjadi indah dalam lagu.

Sayang, lagu itu tidak dibawakan Dream Theater dalam konser di Jakarta, 26 Oktober lalu. Penonton yang datang untuk menikmati lagu tersebut agak kecewa meski terbayar oleh lagu-lagu lain yang tak kalah dahsyatnya.

Bagi para pencinta kelompok musik Dream Theater, lirik lagu "Take Away My Pain" bermakna dalam. Lagu ini bisa menjangkau suasana hati yang beragam. Bagaimana tidak. Penciptanya pun, gitaris John Petrucci, menganggap lagu tersebut sebagai lagu yang paling pribadi dan sarat kenangan. Kita kutip sebagian:

She was standing by the edge of his bed/Staring at the message on their faces/He said, ”What else can you do, babe?”/I guess, I won’t be coming home again/Just took away all my promises/Make them take away my pain/

Lirik ini menggambarkan detik-detik terakhir kehidupan ayahnya serta kesedihan yang memayungi keluarganya. Saat itu, ayah dan ibu Petrucci saling pandang, seolah tahu bahwa perpisahan tidak lama lagi akan terjadi.

"Bayangkan Anda menulis lagu tentang perasaan dan diri sendiri, kemudian membaginya dengan banyak orang. Itu luar biasa," kata Petrucci.

Sebagian besar lagu Dream Theater ditulis oleh Petrucci. Tema-temanya sering begitu filosofis dan reflektif, entah itu tentang kehidupan, kesedihan, ataupun kematian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Musik menjadi terapi yang efektif bagi seseorang untuk keluar dari permasalahan hidup. Bisa juga sebagai penyalur rasa bahagia," kata dia.

Dream Theater memang tidak bisa dipisahkan dari kepiawaian permainan gitar John Petrucci yang sangat khas dengan teknik alternate picking, yakni memainkan dawai atas-bawah secara berulang-ulang dan cepat.

Kerinduan terhadap permainan Petrucci, drumer Mike Mangini, bassist John Myung, keyboardist Jordan Rudess, dengan vokal James Labrie terpuaskan pada pertunjukan malam itu.
Tiga jam

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.