Keenan Nasution Akan Keluarkan Vinyl "Di Batas Angan Angan"

Kompas.com - 05/12/2014, 12:23 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis, pemain drum, dan pencipta lagu Keenan Nasution (62), yang berkarier dalam industri musik sejak 1960-an, akan merilis piringan hitam atau vinyl album solo pertamanya, Di Batas Angan Angan (1978).

"Sebenarnya, ada beberapa (proyek bermusik) yang sudah saya bikin, tapi belum saya keluarkan. Saya bikin vinyl album pertama saya, Di Batas Angan Angan, yang ada lagu 'Zamrud Khatulistiwa'," kata Keenan, yang menjadi bintang tamu bersama band Van Java dalam live streaming acara bincang-bincang musik K-Akustik edisi Kamis, 4 Desember 2014.

"Sudah jadi sebenarnya vinylnya, tinggal menunggu cover-nya selesai," imbuhnya.

Album Di Batas Angan Angan, yang diproduksi oleh Duba Records, dirilis pada 1978 dalam bentuk kaset berisi 14 lagu, yaitu "Di Batas Angan-angan", "Mungkin", "Buku Harian", "Hujan", "Suaranya", "Nuansa Bening", "Jakarta", "Menjala Citra", "Nyanyianmu", "Adikku", "Kau dan Aku", "Zamrud Khatulistiwa", "Negeriku Cintaku", "Cakrawala Cintaku", "Cakrawala Senja", dan "Cakrawala Senja". Menurut Keenan, untuk piringan hitamnya, ia memasukkan hanya sembilan dari 14 lagu tersebut.

"Di vinyl hanya ada sembilan lagu, karena enggak muat kalau semua. (Namun), di situ (dalam kemasan piringan hitam) saya kasih masuk CD lagi, yang saya bilang itu retouch istilahnya. Semua di-remaster lagi," jelas Keenan.

Lagu "Di Batas Angan Angan", karya Keenan bersama Rudi Pekerti, merupakan lagu yang masuk final Festival Lagu Populer Indonesia 1977. Ketika itu, untuk menggarap album tersebut, Keenan melibatkan sejumlah nama tenar, yakni Guruh Soekarnoputra, Debby Nasution, Eros Djarot, Fariz RM, dan Iman RN.

Album Di Batas Angan Angan merupakan masterpiece Keenan sampai saat ini. Album tersebut menjadi salah satu dari 150 album terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone terbitan Indonesia pada 2007.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.