Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktunya Mengembalikan Tongkat Emas

Kompas.com - 12/12/2014, 11:44 WIB
Irfan Maullana

Penulis

Judul: Pendekar Tongkat Emas
Jenis: Drama Martial Arts
Durasi: 113 menit
Waktu Rilis: 18 Desember 2014
Produksi: Miles Films dan KG Studio
Produser: Mira Lesmana
Sutradara: Ifa Isfansyah
Pemain: Eva Celia (Dara), Nicholas Saputra (Elang), Reza Rahadian (Biru), Tara Basro (Gerhana), Sahan Patiendra (Angin), Christine Hakim (Cempaka), Slamet Rahardjo (dewan persilatan), Prisia Nasution (Cempaka muda), Darius Sinathrya (Naga Putih), Whani Darmawan (guru Sayap Merah), dan Landung Simatupang (guru Cempaka).

Dalam sebuah kisah, Cempaka merupakan pendekar yang disegani dan dihormati dalam dunia persilatan sekaligus pemilik senjata dan jurus mematikan Tongkat Emas, yang kekuatannya tak tertandingi. Namun, Cempaka, yang mulai menua, berpikir untuk mewariskan senjata dan jurus Tongkat Emas kepada salah satu dari empat muridnya--Dara, Angin, Biru, atau Gerhana.

Sayangnya, pengkhianatan terjadi setelah Cempaka memutuskan siapa ahli warisnya. Sejak itu, murid-murid Cempaka terbagi menjadi dua kubu, Dara dengan Angin, sedangkan Gerhana berpihak kepada Biru.

Tak pelak Cempaka ikut menjadi korban dalam pertarungan yang menyebabkan Tongkat Emas jatuh ke tangan yang salah. Kekacauan dan pembunuhan pun tidak dapat dihindari. Sementara itu, satu-satunya orang yang bisa membantu merebut kembali Tongkat Emas, pendekar Naga Putih, tidak kunjung ditemukan oleh dua murid Cempaka yang tersisihkan, Dara dan Angin. Dalam perjalanan mereka, Dara dan Angin justru bertemu dengan Elang, pendekar misterius yang diam-diam menguasai jurus Tongkat Emas dan menjadi jawaban kepada siapa Tongkat Emas itu harus dikembalikan.

Film Pendekar Tongkat Emas mengetengahkan cerita jagat persilatan dengan latar tempat dan waktu antah berantah. Untuk memerkuat kisah itu, Mira dan tim produksinya memilih Kabupaten Sumba Timur sebagai lokasi shooting film penuh adegan laga martial arts tersebut.

Lokasi shooting Pendekar Tongkat Emas, yang sebagian besar berada di ruang terbuka, yaitu gurun, sabana, dan pantai, tentunya membuat film itu semakin hidup. Banyaknya adegan perkelahian menggunakan jurus dengan gerakan akrobatik membuat film tersebut membutuhkan penanganan khusus. Untuk itu, pihak Miles Films berkerja sama dengan Xiong Xin Xin, salah satu body double untuk aktor kung fu legendaris Jet Lee. Xin Xin dilibatkan sebagai pelatih dan koreografer adegan beladiri para pemain Pendekar Tongkat Emas.

Efektivitas dan efisiensi selalu menjadi tuntutan dalam sebuah produksi film. Itu pula yang menjadi tantangan bagi Pendekar Tongkat Emas, yang melibatkan 16 pemain, 350 figuran, dan 155 kru, dengan kondisi lokasi yang jauh dari Jakarta dan banyaknya tuntutan skenario.

Penasaran akan film Pendekar Tongkat Emas? Jaga waktu pemutarannya di gedung-gedung bioskop di Tanah Air mulai 18 Desember 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com