Coen Bersaudara Jadi Ketua Juri Festival film Cannes

Kompas.com - 21/01/2015, 20:01 WIB
EditorAti Kamil
CANNES, KOMPAS.com -- Coen bersaudara, sutradara pemenang Oscar lewat film karya mereka No Country for Old Men, Fargo, dan The Big Lebowski, menjadi ketua juri Festival Film Cannes. Joel dan Ethan Coen akan ikut menilai para pesaing di kompetisi utama festival film itu.

Coen bersaudara asal Amerika Serikat ini pernah memenangi penghargaan festival Palme d’Or untuk film Barton Fink tahun 1991.

"Kami berharap bisa kembali ke Cannes tahun ini," kata Coen bersaudara dalam sebuah pernyataan.

"Kami menyambut baik kesempatan untuk menonton film dari seluruh dunia di Cannes," kata mereka.

Dan, ini akan menjadi pertama kalinya juri Festival Film Cannes di Perancis diketuai oleh dua orang.

"Cannes adalah festival yang sangat penting bagi kami sejak awal karier kami," kata Coen bersaudara.

"Memimpin panel juri adalah kehormatan khusus karena kami sampai sekarang tidak pernah menjadi presiden organisasi apa pun. Jadi, kami akan mengeluarkan pernyataan lebih lanjut pada waktu yang tepat," kata mereka.

Coen bersaudara memiliki sejarah panjang dengan Festival Film Cannes. Sejauh ini mereka telah menunjukkan tujuh dari 16 karya mereka dalam acara itu. Penghargaan sebagai sutradara terbaik pernah mereka dapatkan lewat film Barton Fink.

Penghargaan juga mereka terima untuk film Fargo pada 1996 dan film The Man Who Wasn’t There pada 2001. Terakhir, pada 2013, Coen bersaudara memperoleh penghargaan di Festival Film Cannes ketika film Inside Llewyn Davis mendapat penghargaan dari Grand Jury.

Coen bersaudara pernah meraih total empat penghargaan Oscar, dua penghargaan Baftas dan sebuah penghargaan Golden Globe.

Festival Film Cannes akan berlangsung pada 13-24 Mei 2015. Susunan para juri Festival Film Cannes 2015 secara lengkap akan diumumkan pada April 2015. (BBC)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.