JAKARTA, KOMPAS.com - "Jangan tunggu lingkungan dan alam rusak baru dibenahi. Justru kita harus menjaga alam dan lingkungan agar jangan sampai rusak," kata Eka Rock (I Made Eka Arsana), pemain bas band ternama asal Bali, Superman Is Dead, di Kemang, Jakarta, Senin (26/1).

Personel Superman Is Dead (SID) lainnya, Jerinx (I Gede Ari Astina), mengatakan, penggemar mereka biasanya sekali sebulan menggelar aksi membersihkan pantai dari sampah. "Paling banyak adalah sampah anorganik, seperti botol dan kaleng minuman, puntung rokok, serta bungkus makanan," ujar penabuh drum SID ini.

Bahkan, mereka yang berasal dari daerah tanpa pantai pun kini tak mau ketinggalan membersihkan lingkungan seperti rekan-rekan mereka di daerah pantai. "Inisiatif datang dari mereka sendiri untuk aksi bersih kampung. Kadang kala kegiatan ini dikaitkan dengan hari ulang tahun desa," kata Jerinx yang gemar bersepeda ini.

Para personel SID, yakni Eka Rock, Bobby Kool (I Made Putra Budi Sartika), dan Jerinx, akan tampil dalam konser "Nyanyian Raya" bersama Iwan Fals, Gigi, Kotak, dan Nidji, 14 Maret nanti. Sehari sebelum konser, mereka akan membersihkan pantai dari sampah.

"Selain kebersihan lingkungan, kami juga kini peduli dengan isu reklamasi pantai di Bali," ujar Eka Rock, yang sejak awal terus konsisten menolak reklamasi. (TIA)