Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Hirata: 22 Versi Penerbit

Kompas.com - 16/02/2015, 19:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis novel Andrea Hirata mengaku, dirinya seperti bisa mewujudkan impiannya. Novel Laskar Pelangi akhirnya diterbitkan di Eropa Timur. "Menerbitkan novel di New York dan Eropa Timur seperti impian tersendiri bagi para penulis. Setelah menunggu lima tahun, akhirnya Laskar Pelangi karyaku terbit di Eropa Timur," kata Andrea.

Laskar Pelangi terbit di New York pertama kali tahun 2013. Novel tersebut juga kemudian diterbitkan di Jerman dan Jepang. Bahkan, di Jepang, novel tersebut terjual sekitar 5.000 kopi. Bulan Februari ini, Laskar Pelangi edisi Bulgaria diterbitkan penerbit Hermes dengan judul Voinite na Dugata (The Rainbow Warriors).

Menurut Andrea, dengan diterjemahkan ke dalam 34 bahasa asing, sampai saat ini Laskar Pelangi telah diterbitkan dalam 22 versi. Penerbitan di Bulgaria ini akan memulai penerbitan novel-novelnya di negara Eropa Timur lainnya, seperti Rusia, Ceko, Slowakia, Lituania, dan Latvia.

"Menjangkau pembaca Eropa Timur memberikan tantangan baru yang unik, lebih dari tantangan untuk menjangkau pembaca di negara-negara lainnya," ujarnya.

Andrea mengaku mendapat kiriman foto dari Mila Rupcheva, pembaca dari Bulgaria melalui Instagramnya. "Mila menyampaikan tanggapan yang sangat positif terhadap Laskar Pelangi edisi Bulgaria ini," kata Andrea bungah. (*/USH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com