Tembang Meditatif Ayu Laksmi

Kompas.com - 20/02/2015, 15:25 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Seniman Ayu Laksmi (48) semakin matang di jalur world music sejak meluncurkan album Svara Semesta tahun 2010. Pada Sabtu (21/2/2015) pukul 19.30 di Gedung Kesenian Jakarta, ia akan menggelar Live Theatrical Music Performance Ayu Laksmi-Svara Semesta: Love(ad)1Point.

Konser musik, bagi perempuan kelahiran Singaraja, Bali, ini selalu bermakna pertunjukan. Bersama penulis novel, Cok Sawitri, Ayu akan menggelar seni pertunjukan musik dengan nuansa meditatif.

"Musik, tari, dan tembang, adalah unsur-unsur pertama dalam meditasi, penyatuan diri dengan semesta," kata Ayu, Selasa (17/2/2015), di Jakarta.

Pergelaran ini sekaligus sebagai momentum peluncuran album Svara Semesta 2, yang berisikan tembang-tembang dalam tujuh bahasa.

Kenapa begitu banyak bahasa?

"Ya album ini berisi tembang dalam bahasa Indonesia, Inggris, Bali, Minang, Latin, Sanskerta, dan Jawa Kuna. Itu karena saya berprinsip, spiritualitas harus mengatasi bahasa dan bangsa, hingga mencapai universalisme," kata lady rocker pada era 1980-an ini.

Album ini juga istimewa karena lirik-lirik tembangnya digubah Ayu dari beberapa puisi karya para penyair Indonesia.

"Rasa meditatifnya semakin kental," katanya meyakinkan. (CAN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.