Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Birdman", Best Picture Oscar 2015

Kompas.com - 23/02/2015, 13:26 WIB
EditorIrfan Maullana
HOLLYWOOD, KOMPAS.com — Film Birdman yang mengisahkan kehidupan Rigan Thomson di sisa-sisa kebintangannya yang mulai meredup terpilih menjadi Best Picture Academy Awards 2015, yang diumumkan di Dolby Theatre, Los Angeles, pada Minggu (22/2/2015) waktu setempat atau Senin WIB.

Birdman merupakan film komedi satire karya sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu dengan dibintangi para artis peran ternama, yakni Michael Keaton, Zach Galifianakis, Edward Norton, Andrea Riseborough, Amy Ryan, Emma Stone, dan Naomi Watts.

Birdman menjadi film pembuka dalam Venice International Film Festival ke-71, dan diputar kali pertama pada 27 Agustus 2014, dalam kompetisi film Golden Lion. Setelah itu Birdman dirilis secara terbatas di AS pada 17 Oktober 2014 dan diputar secara global mulai 14 November 2014 yang didistribusikan perusahaan film Fox Searchlight Pictures. Film yang menggelontorkan dana produksi sebesar 16,5 juta dollar AS ini pun sukses meraup pendapatan lebih dari 72 juta dollar AS dari seluruh dunia.

Inarritu mengatakan, kesuksesan Birdman tak bisa lepas dari tim produksinya yang solid. "Petualangan Birdman dimulai enam tahun lalu. Giacobone (penulis naskah Nicolas Giacobone), Skotchdopole (sutradara James W Skotchdopole) ingin mengikuti kegilaan saya," kata Inarritu dalam pidato kemenangannya.

"Terima kasih juga untuk cast kami yang luar biasa, Amy Ryan, Emma Stone, dan Naomi (Naomi Watts). Tentu saja terima kasih yang tak terhingga untuk maestro kami, Michael Keaton, yang sudah berperan (sebagai Rigan Thomson) sangat sempurna," lanjut pria beraksen Meksiko itu.

Sebagai Best Picture, Birdman sukses menyisihkan pesaing terdekatnya, yakni American Sniper (Clint Eastwood), Boyhood (Richard dan Cathleen Sutherland), The Grand Budapest Hotel (Wes Anderson, Scott Rudin, Steven Rales, dan Jeremy Dawson), The Imitation Game (Nora Grossman, Ido Ostrowsky, dan Teddy Schwarzman), Selma (Christian Colson, Oprah Winfrey, Dede Gardner, dan Jeremy Kleiner), The Theory of Everything (Tim Bevan, Eric Fellner, Lisa Bruce, dan Anthony McCarten), dan Whiplash (Jason Blum, Helen Estabrook, dan David Lancaster).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com