John Legend dan Common Bangun Jembatan Harapan

Kompas.com - 24/02/2015, 18:30 WIB
EditorAti Kamil
HOLLYWOOD, KOMPAS.com -- Penampilan John Legend dan Common di panggung Academy Awards ke-87, di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (22/2/2015), memukau ribuan penonton. Setelah mereka menyelesaikan lagu "Glory", semua penonton langsung berdiri dan bertepuk tangan. Bahkan, beberapa penonton menitikkan air mata.

Beberapa menit kemudian, mereka berdua menerima piala Oscar untuk kategori Best Original Song lewat lagu "Glory" dari film Selma. Film ini mengisahkan Dr Martin Luther King Jr yang berjuang mengamankan hak suara bagi semua orang dengan berpawai dari Selma ke Montgomery, Alabama, AS, di tahun 1965. Peristiwa itu membawa perubahan bagi masyarakat Amerika.

Dalam pidato kemenangannya, Common menyinggung perjuangan hak-hak sipil di Perancis dan Hongkong.

"Semangat perjuangan ini memimpikan kehidupan yang lebih baik, dan juga untuk mereka yang di Perancis dan Hongkong. Kami bersama kalian, melihat kalian, dan silakan untuk berpawai. Kita membangun sebuah jembatan untuk harapan, kasih sayang, dan semua cinta untuk manusia," kata Common.

Sementara komentar Legend lebih eksplisit terkait kondisi politik di AS.

"Kita semua tahu, perjuangan Voting Rights Act, 50 tahun lalu, bisa dirasakan saat ini. Hak-hak masyarakat sipil, seperti kebebasan dan keadilan, sudah nyata hari ini. Saat ini, banyak laki-laki kulit hitam yang punya peran di tengah masyarakat dibandingkan tahun 1850 yang banyak menjadi budak," ujar Legend.

Perjuangan belum berakhir. (TIME/SIE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.