Gitaris Black Sabbath Minta Jokowi Maafkan Terpidana Mati "Bali Nine"

Kompas.com - 04/03/2015, 14:06 WIB
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com — Gitaris band legendaris Black Sabbath, Tony Iommi, sengaja mengirim sepucuk surat kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkait eksekusi mati dua terpidana kasus narkoba Bali Nine dari Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Dalam suratnya, Iommi meminta belas kasih Jokowi untuk memaafkan dua terpidana itu.

"Sistem pemasyarakatan Indonesia telah berhasil dalam mengubah Andrew dan Myuran. Saya memohon kepada Anda, sebagai seorang pemaaf, untuk mencatat perubahan mereka," tulis Iommi dalam surat yang telah diterjemahkan dan diantar pejabat Pemerintah Australia ke tangan Presiden Jokowi, dikutip dari Sydney Morning Herald (SMH), Rabu (4/3/2015).

Iommi mengatakan, Jokowi semestinya bisa melihat perubahan besar pada diri dua terpidana mati kasus "Bali Nine". "Mereka adalah orang-orang yang telah direformasi yang membuat perbedaan positif bagi kehidupan sesama tahanan. Bahwa mereka telah berubah begitu banyak adalah suatu nilai lebih yang nyata untuk Pemerintah lndonesia," tekan Iommi.

"Untuk alasan ini, saya meminta Anda untuk menghentikan eksekusi mati Andrew dan Myuran," lanjutnya.

Iommi merupakan musisi metal kedua yang memohon pengampunan Jokowi terhadap dua terpidana kasus "Bali Nine". Pada awal bulan ini, band metal asal Inggris, Napalm Death, juga memohon pengampunan Jokowi untuk duo "Bali Nine" melalui surat terbuka.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi merupakan penggemar musik metal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.