Gugun Blues Shelter Berlagu Kritik Sosial-Politik di BBJ

Kompas.com - 12/03/2015, 23:53 WIB
Para personel grup Gugun Blues Shelter, John Armstrong alias Jono, Muhammad Gunawan atau Gugun, dan Aditya Wibowo alias Bowie (dari kiri ke kanan) berpose dalam acara peluncuran dua album terbaru mereka, yang masing-masing berjudul Satu untuk berbagi dan Solid Ground, di Rolling Stone Cafe, Jakarta, Kamis (22/12/2011). Album Solid Ground tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi juga di AS. KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHIPara personel grup Gugun Blues Shelter, John Armstrong alias Jono, Muhammad Gunawan atau Gugun, dan Aditya Wibowo alias Bowie (dari kiri ke kanan) berpose dalam acara peluncuran dua album terbaru mereka, yang masing-masing berjudul Satu untuk berbagi dan Solid Ground, di Rolling Stone Cafe, Jakarta, Kamis (22/12/2011). Album Solid Ground tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi juga di AS.
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tampil selama kira-kira satu jam di depan ratusan penonton Bentara Pentas Musik pada Kamis (12/3/2015) malam di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, band blues Gugun Blues Shelter (GBS) memasukkan lagu kritik sosial dan politik yang berjudul "Basa-basi" dalam repertoar mereka.

"Para wartawan sering nanya, GBS mau bikin lagu tentang kritik sosial politik enggak sih?," kata Gugun, vokalis GBS, memulai interaksinya dengan para penonton.

"Nah, sebenernya kami pernah bikin sih, cuma kami enggak mau terlalu frontal aja," kata pria berambut gondrong itu lagi.

Sejurus kemudian, gitar Gugun mulai meraung diiringi betotan bas oleh Jono serta pukulan drum Bowie. "Basa-basi" mereka mainkan.

"Apa jadinya negeri ini jika harus berbasa-basi. Yang kumau kepastian dari dulu hingga sekarang," lantun Gugun dengan suara khasnya yang bernapas blues.

Kompas TV Jakarta Blues Factory - All I Wanna Do


GBS, yang dibentuk di Jakarta pada 2004, memang jarang membuat lagu yang menyinggung atau mengkritik situasi sosial dan politik Indonesia. Namun, GBS membuat "Basa-basi" megah dengan pesan yang dalam mengenai situasi sosial dan politik negeri ini. Dengan lirik yang menyindir apa yang sehari-hari bisa dilihat dan didengar di layar kaca, GBS menunjukkan kepedulian mereka akan situasi sosial dan politik Indonesia.

"Setiap hari kulihat TV, banyak orang berbasa-basi. Entah mengapa ini terjadi, mungkin hidup harus begini," pekik Gugun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lagu "Basa-basi" dipublikasi pada 25 November 2011. Lagu tersebut dicipta oleh Gugun dan ada dalam album Satu untuk Berbagi.

Di samping menyuguhkan "Basa Basi", GBS--yang pernah tampil di Hyde Park, London, Inggris, pada 2011, dalam rangka 40 tahun Hard Rock Cafe--juga menyajikan antara lain "Ikuti Langkah", "Bermain Cinta", dan "Turn It On".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.