Iwan Fals Ajak OI Jaga Kelangsungan Hidup Tukik

Kompas.com - 16/03/2015, 16:29 WIB
|
EditorIrfan Maullana
KUTA, KOMPAS.com -- Artis musik kenamaan Iwan Fals (53) bersama sang istri, Rosana, mengajak para penggemar setianya yang disebut Orang Indonesia (OI), melestarikan alam sekitar, mencintai pantai, dan menjaga kelangsungan hidup bayi penyu atau tukik.

"Terima kasih buat OI yang hadir di pantai Kuta. Mari kita yang tinggal di pesisir menjaga pantainya, menjaga tukik, menjaga ikannya, saling menghargai alam. Kita masih memiliki harapan untuk Indonesia," pesan Iwan memberi sambutan acara bersih-bersih lingkungan dan melepas tukik di pesisir Pantai Kuta, Badung, Bali, Minggu (15/3/2015).

Seorang anggota OI dari Malang, Hadi Purwoko mengaku senang dengan kegiatan ini. Apalagi, sebelumnya ia bisa menonton konser Nyanyian Raya yang digelar Iwan di Garuda Wisnu Kencana, Uluwatu, Badung, Bali, pada Sabtu (14/3/2015) malam.

"Ya dengan menonton konser di Bali kan bisa bertemu dengan OI lain seluruh Indonesia. Kami bisa kenalan, bisa saling tukar pikiran, kami semua penggemar Iwan Fals sangat senang bisa berkumpul di Bali. Apalagi bisa (berkumpul) di Pantai Kuta," kata Hadi.

Sekadar informasi, dari ratusan butir telur yang dikeluarkan oleh seekor penyu betina, paling banyak hanya belasan tukik yang berhasil sampai ke laut kembali dan tumbuh dewasa. Itu pun tidak memerhitungkan faktor perburuan oleh manusia dan pemangsa alaminya, yakni kepiting, burung dan tikus di pantai, serta ikan-ikan besar begitu tukik tersebut menyentuh perairan dalam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.