Hiii... Nino "RAN" Sering Ajak Bicara Foto Pacarnya

Kompas.com - 20/03/2015, 17:58 WIB
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketika sedang sendiri, vokalis trio RAN, Nino, mengaku sering mengajak berbicara foto sang pacar. Menurut Nino, dengan begitu dia jadi terlatih untuk memandu program siaran radio.

"Dulu gue latihannya pakai foto yang ada di dompet gue, entah itu foto pacar atau foto adik. Gue taruh di depan layar monitor gue, supaya gue berasa ngomong sama dia," cerita pria yang pernah aktif sebagai penyiar OZ Radio ini ketika berbincang di sela peluncuran buku Turn On the Radio, di Beezy Kaffe, Jalan Wijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/3/2015).

Setelah menguasai alur materi program siaran radio yang dipandunya, pria yang bernama lengkap Nino Kayam itu tak lupa belajar cara menyampaikan pesan yang efektif. "Supaya enggak dead air kalau bisa ngomong jangan panjang lebar, nanti message-nya enggak sampai," kata Nino.

"Lama-lama terbiasa ngomong dalam jangka waktu yang pendek, tapi message-nya tersampaikan," lanjutnya.

Menjadi penyiar radio agaknya cukup menyenangkan bagi Nino. "Yang paling menyenangkan adalah kalau lagi siaran terus kita lapar, eh tiba-tiba nongol pizza kiriman pendengar. Memang sih sampai sekarang ada orang-orang yang fanatik sama radio," ungkap Nino.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.