Abdee: Saya Gagal Ginjal karena Darah Tinggi Enggak Terawat

Kompas.com - 22/03/2015, 17:53 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Abdee Negara (46), gitaris band Slank, menyatakan bahwa penyakit gagal ginjalnya sejak empat setengah tahun lalu itu dipicu oleh hipertensi atau darah tinggi.

"Penyebab gagal ginjal ini adalah darah tinggi yang enggak terawat dan akhirnya ngerusak ginjal," kata Abdee dalam jumpa pers pada Minggu (22/3/2015) di pusat kegiatan Slank, Jalan Potlot III No 14, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Abdee menyatakan pula, ia menderita gagal ginjal juga karena gaya hidupnya.

"Menurut dokter, saya punya turunan darah tinggi dan penyakit ini dipengaruhi life style juga. Saya tidur enggak teratur, makan enggak teratur, minum obat juga enggak teratur," tuturnya dalam wawancara setelah jumpa pers itu.

Abdee berharap, dengan pernyataannya mengenai gagal ginjal tersebut, masyarakat lebih sadar dan tahu soal penyakit itu.

"Semoga banyak orang semakin perhatian terhadap penyakit gagal ginjal. Saya bicara biar semua sadar kalau gagal ginjal dipengaruhi oleh darah tinggi adalah gaya hidup yang enggak teratur," pesannya.

Dalam kesempatan wawancara itu pula Abdee menyampaikan rasa terima kasihnya kepada banyak pihak yang telah memberi dukungan kepadanya.

"Terima kasih kepada semua yang udah doain saya dan Slank," tuturnya lagi.

Seperti sudah diberitakan, Abdee mengaku cuti sementara dari kegiatan-kegiatan Slank selama kira-kira delapan bulan hingga setahun untuk menjalani pengobatan gagal ginjal yang mengharuskannya menjalani cuci darah dua kali dalam seminggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.