Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdee: Saya Gagal Ginjal karena Darah Tinggi Enggak Terawat

Kompas.com - 22/03/2015, 17:53 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Abdee Negara (46), gitaris band Slank, menyatakan bahwa penyakit gagal ginjalnya sejak empat setengah tahun lalu itu dipicu oleh hipertensi atau darah tinggi.

"Penyebab gagal ginjal ini adalah darah tinggi yang enggak terawat dan akhirnya ngerusak ginjal," kata Abdee dalam jumpa pers pada Minggu (22/3/2015) di pusat kegiatan Slank, Jalan Potlot III No 14, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Abdee menyatakan pula, ia menderita gagal ginjal juga karena gaya hidupnya.

"Menurut dokter, saya punya turunan darah tinggi dan penyakit ini dipengaruhi life style juga. Saya tidur enggak teratur, makan enggak teratur, minum obat juga enggak teratur," tuturnya dalam wawancara setelah jumpa pers itu.

Abdee berharap, dengan pernyataannya mengenai gagal ginjal tersebut, masyarakat lebih sadar dan tahu soal penyakit itu.

"Semoga banyak orang semakin perhatian terhadap penyakit gagal ginjal. Saya bicara biar semua sadar kalau gagal ginjal dipengaruhi oleh darah tinggi adalah gaya hidup yang enggak teratur," pesannya.

Dalam kesempatan wawancara itu pula Abdee menyampaikan rasa terima kasihnya kepada banyak pihak yang telah memberi dukungan kepadanya.

"Terima kasih kepada semua yang udah doain saya dan Slank," tuturnya lagi.

Seperti sudah diberitakan, Abdee mengaku cuti sementara dari kegiatan-kegiatan Slank selama kira-kira delapan bulan hingga setahun untuk menjalani pengobatan gagal ginjal yang mengharuskannya menjalani cuci darah dua kali dalam seminggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com