Rizal Mantovani: "Wewe" Bukan Film Hantu

Kompas.com - 14/04/2015, 08:39 WIB
Rizal Mantovani diabadikan sesudah pemutaran film horor barunya, Wewe, khusus untuk para wartawan, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2015). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGRizal Mantovani diabadikan sesudah pemutaran film horor barunya, Wewe, khusus untuk para wartawan, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2015).
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Rizal Mantovani (47) mengatakan bahwa dirinya berkeberatan jika film horor Wewe (Wewe Gombel) yang disutradarainya disebut sebagai film hantu. Menurut Rizal, film yang dibintangi Nabilah "JKT48" tersebut bukanlah jenis film horor yang seperti itu.

"Film horor ini bukan film setan atau hantu. Tapi Wewe ini folklor (takhayul atau dongeng)," tekan Rizal dalam wawancara usai pemutaran film Wewe, di XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2015).

Rizal mengembangkan film Wewe berdasar pada mitos wewe gombel yang diceritakan secara turun temurun oleh masyarakat Semarang, Jawa Tengah. Menurut dia, mitos wewe gombel sama saja dengan drakula atau mumi yang merupakan cerita takhayul dari budaya Amerika dan Eropa.

"Kita punya wewe gombel, genderuwo. Bukan setan, mereka itu monster kita nih. Di luar sana kan ada vampir, mumi. Jadi saya tidak setuju horor itu identik dengan setan saja. Film Wewe ini kan nontonnya (membuat) kita berkhayal dan berfantasi," ucapnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai sutradara klip video ini mengatakan, dua film yang pernah digarapnya, Jelangkung (2001) dan Kuntilanak (2006), juga termasuk ke dalam jenis horor folklor. Bukan sekadar hantu yang biasa digambarkan film-film horor kebanyakan.

"Dulu ada trilogi Kuntilanak, Jelangkung, (termasuk) folklor juga. Kemungkinan ada horor folklor lagi. Tapi sebenarnya bukan cari folklor-nya apa. Tapi yang saya kejar itu cerita," kata Rizal.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.