Dewan Juri IMA 2015 Merasa Serba-salah

Kompas.com - 22/05/2015, 17:22 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai salah satu dewan juri Indonesian Movie Awards 2015, Jujur Prananto mengaku merasa serba-salah akibat kontroversi pemenang kategori Soundtrack Film Terfavorit. Dalam kategori itu, kemenangan lagu tema film Di Balik 98, "Indonesia Negeri Kita Bersama", yang dinyanyikan Angel Pieters, keabsahannya dipertanyakan khalayak lantaran sebelumya tak penah masuk nominasi yang diumumkan RCTI pada 5 Mei 2015.

"Ya nggak enak aja. Pastinya kan kami (dewan juri) harus menjelaskan ke orang. 'Oh ini bukan kewenangan juri'," ujar Jujur saat dihubungi Kompas.com per telepon, Rabu (21/5/2015).

Mewakili dewan juri lain, yakni Benni Setiawan (sutradara film), Marcella Zalianty (aktris), Mathias Muchus (aktor), dan Aditya Gumay (sutradara film), Jujur mengaku bahwa mereka tak menyadari ada lagu tema film Di Balik 98, "Indonesia Negeri Kita Bersama", yang diciptakan Komisaris RCTI Liliana Tanoesoedibjo, tiba-tiba masuk nominasi dan meraih penghargaan Soundtrack Film Terfavorit pada 18 Mei 2015.

"Ya saling tanya. Gimana, kok tiba-tiba ada?" kata Jujur.

Karena itu, Jujur dan dewan juri lainnya pun bersepakat untuk membuat pernyataan ke publik bahwa penilaian kategori Soundtrack Terfavorit tersebut berada di luar kewenangan juri karena sejak awal mereka hanya diminta untuk menilai kategori para aktor dan aktris.

"Sejak pertama, kami hanya diminta menilai aktor, aktris, dan pemeran pendukung," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.