Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewan Juri IMA 2015 Merasa Serba-salah

Kompas.com - 22/05/2015, 17:22 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai salah satu dewan juri Indonesian Movie Awards 2015, Jujur Prananto mengaku merasa serba-salah akibat kontroversi pemenang kategori Soundtrack Film Terfavorit. Dalam kategori itu, kemenangan lagu tema film Di Balik 98, "Indonesia Negeri Kita Bersama", yang dinyanyikan Angel Pieters, keabsahannya dipertanyakan khalayak lantaran sebelumya tak penah masuk nominasi yang diumumkan RCTI pada 5 Mei 2015.

"Ya nggak enak aja. Pastinya kan kami (dewan juri) harus menjelaskan ke orang. 'Oh ini bukan kewenangan juri'," ujar Jujur saat dihubungi Kompas.com per telepon, Rabu (21/5/2015).

Mewakili dewan juri lain, yakni Benni Setiawan (sutradara film), Marcella Zalianty (aktris), Mathias Muchus (aktor), dan Aditya Gumay (sutradara film), Jujur mengaku bahwa mereka tak menyadari ada lagu tema film Di Balik 98, "Indonesia Negeri Kita Bersama", yang diciptakan Komisaris RCTI Liliana Tanoesoedibjo, tiba-tiba masuk nominasi dan meraih penghargaan Soundtrack Film Terfavorit pada 18 Mei 2015.

"Ya saling tanya. Gimana, kok tiba-tiba ada?" kata Jujur.

Karena itu, Jujur dan dewan juri lainnya pun bersepakat untuk membuat pernyataan ke publik bahwa penilaian kategori Soundtrack Terfavorit tersebut berada di luar kewenangan juri karena sejak awal mereka hanya diminta untuk menilai kategori para aktor dan aktris.

"Sejak pertama, kami hanya diminta menilai aktor, aktris, dan pemeran pendukung," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com