Anggun: Aku Orang Indonesia, Pasporku Perancis

Kompas.com - 29/05/2015, 13:07 WIB
Anggun C Sasmi berbicang dengan media dalam jumpa pers Asia's Got Talent di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2015). WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHAAnggun C Sasmi berbicang dengan media dalam jumpa pers Asia's Got Talent di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2015).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi yang juga mencipta lagu, Anggun Cipta Sasmi (41), menegaskan bahwa dirinya tetap orang Indonesia, meski statusnya dalam paspor tertulis Warga Negara (WN) Perancis.

"Enggak. Aku orang Indonesia. Pasporku Perancis. Bedanya di situ. Banyak orang yang salah kaprah," kata istri dari penulis Perancis Cyril Montana ini dalam wawancara di Hard Rock Cafe, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (28/5/2015).

Memilih pindah kewarganegaraan, menurut pelantun "Snow on the Sahara" ini, bukan berarti ia menghapus identitas aslinya sebagai orang Indonesia, walau secara administratif dan hukum ia berstatus WN Perancis.

Anggun, yang berdarah Jawa, mengaku tetap menggunakan bahasa Indonesia dan tidak melupakan budaya Tanah Airnya.

"Yang mikir, kalau aku udah ganti warga negara, tiba-tiba aku udah enggak doyan nasi lagi, apa hubungannya? Yang beda cuma warna buku saat aku traveling, supaya aku tuh enggak disusahin tiap kali masuk imigrasi," ucap ibu satu anak ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.