Sutradara "3 Srikandi": 20 Persen Dramatisasi, 80 Persen Sejarah

Kompas.com - 26/07/2015, 14:36 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Iman Brotoseno, sutradara film 3 Srikandi, mengatakan bahwa sebagian besar cerita film tersebut merupakan kisah nyata dan sebagian kecilnya merupakan hasil dramatisasi. Film itu berkisah tentang tiga perempuan atlet panahan peraih medali untuk kontingen Indonesia pada Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan.

"Kalau saya bilang, 20 persen dramatisasi, 80 persen true story," ujar Iman dalam jumpa pers usai shooting film tersebut di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (24/7/2015).

Menurut Iman, dramatisasi penting untuk menguatkan cerita. Walau pun demikian, ia akan lebih menguatkan unsur cerita yang sesungguhnya demi mengenalkan karakter tiga altet itu, yakni Nurfitriyana (dimainkan oleh Bunga Citra Lestari),  Kusuma Wardhani (Tara Basro), dan Lilis Handayani (Chelsea Islan).

"Banyak kisah real yang terjadi selain event Olimpiade. Ada hubungan percintaan antarkarakter, kemudian problem keluarga," terang Iman.

Mengenai cinta, kata Iman lagi, ia menempatkannya pada kisah asmara Kusuma. Ketika itu Kusuma berpacaran dengan pemanah Adang Ajiji (Detri Warmanto), yang merupakan pesaing dari pelatih panahan Donald Pandiangan (Reza Rahardian), yang kini telah tiada.

"Hubungan percintaan Dadang Ajiji dengan Kusuma itu juga real," imbuhnya.

Ada pula adegan berkabung yang ditampilkan dalam film tersebut. Kata Iman, ketika itu ibunda dari Lilis meninggal dunia.

"Meninggalnya ibu Lilis juga benar. Jadi, 20 persen dramatisasi, yang lain benar-benar terjadi," tekannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.