Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara "3 Srikandi": 20 Persen Dramatisasi, 80 Persen Sejarah

Kompas.com - 26/07/2015, 14:36 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Iman Brotoseno, sutradara film 3 Srikandi, mengatakan bahwa sebagian besar cerita film tersebut merupakan kisah nyata dan sebagian kecilnya merupakan hasil dramatisasi. Film itu berkisah tentang tiga perempuan atlet panahan peraih medali untuk kontingen Indonesia pada Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan.

"Kalau saya bilang, 20 persen dramatisasi, 80 persen true story," ujar Iman dalam jumpa pers usai shooting film tersebut di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (24/7/2015).

Menurut Iman, dramatisasi penting untuk menguatkan cerita. Walau pun demikian, ia akan lebih menguatkan unsur cerita yang sesungguhnya demi mengenalkan karakter tiga altet itu, yakni Nurfitriyana (dimainkan oleh Bunga Citra Lestari),  Kusuma Wardhani (Tara Basro), dan Lilis Handayani (Chelsea Islan).

"Banyak kisah real yang terjadi selain event Olimpiade. Ada hubungan percintaan antarkarakter, kemudian problem keluarga," terang Iman.

Mengenai cinta, kata Iman lagi, ia menempatkannya pada kisah asmara Kusuma. Ketika itu Kusuma berpacaran dengan pemanah Adang Ajiji (Detri Warmanto), yang merupakan pesaing dari pelatih panahan Donald Pandiangan (Reza Rahardian), yang kini telah tiada.

"Hubungan percintaan Dadang Ajiji dengan Kusuma itu juga real," imbuhnya.

Ada pula adegan berkabung yang ditampilkan dalam film tersebut. Kata Iman, ketika itu ibunda dari Lilis meninggal dunia.

"Meninggalnya ibu Lilis juga benar. Jadi, 20 persen dramatisasi, yang lain benar-benar terjadi," tekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com