Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balawan: Musisi Indonesian Kini Cenderung "Google Training" dan "Youtube Training"

Kompas.com - 06/08/2015, 14:32 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu musisi yang dikenal dengan kiprahnya di dalam dan luar negri, Balawan menilai bahwa kelemahan musisi tanah air jaman sekarang adalah mereka cenderung tidak belajar dari dasar.

"Jaman sekarang kelemahan musisi jaman sekarang, mereka tidak menjalani ear training dengan cukup. Google training dan YouTube training. Apa-apa belajar di Google dan Youtube," ujar Balawan dalam wawancara di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015).

Bagi Balawan, untuk belajar musik seseorang perlu melewati tahapan-tahapan tertentu.

"Ear training ini adalah langkah yang benar gimana kita mendengarkan musik yang dari awal. 'Oh ini lagunya enak', misal saat denger lagu klasik. Saat belajar musik kita mengerti dengan harmoni, 'Oh ini enggak bener,' dan feelingnya jalan. Kalau belajar main musik juga sama tahapan main musik yang bener kan belajar dari main lagu 'Bintang Kecil', 'Naik-Naik ke Puncak Gunung'," sambungnya.

Ia pun mengaku kerap kali menemukan musisi yang sudah mahir memainkan musik internasional, namun malah loyo saat memainkan lagu nasional.

"Sekarang kan kebalik, main 'Garuda Pancasila' enggak bisa. Saya sudah lihat banyak ratusan orang seperti itu. Udah bisa nge-band lagu Metallica tapi 'Garuda Pancasila' enggak mengerti kapan pindah kunci. Karena enggak lewat tahapan yang benar," kata Balawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com