Balawan: Musisi Indonesian Kini Cenderung "Google Training" dan "Youtube Training"

Kompas.com - 06/08/2015, 14:32 WIB
Gitaris I Wayan Balawan di Komunitas Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015) KOMPAS.com/THALIA SHELYNDRA WENDRANIRSAGitaris I Wayan Balawan di Komunitas Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015)
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu musisi yang dikenal dengan kiprahnya di dalam dan luar negri, Balawan menilai bahwa kelemahan musisi tanah air jaman sekarang adalah mereka cenderung tidak belajar dari dasar.

"Jaman sekarang kelemahan musisi jaman sekarang, mereka tidak menjalani ear training dengan cukup. Google training dan YouTube training. Apa-apa belajar di Google dan Youtube," ujar Balawan dalam wawancara di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015).

Bagi Balawan, untuk belajar musik seseorang perlu melewati tahapan-tahapan tertentu.

"Ear training ini adalah langkah yang benar gimana kita mendengarkan musik yang dari awal. 'Oh ini lagunya enak', misal saat denger lagu klasik. Saat belajar musik kita mengerti dengan harmoni, 'Oh ini enggak bener,' dan feelingnya jalan. Kalau belajar main musik juga sama tahapan main musik yang bener kan belajar dari main lagu 'Bintang Kecil', 'Naik-Naik ke Puncak Gunung'," sambungnya.

Ia pun mengaku kerap kali menemukan musisi yang sudah mahir memainkan musik internasional, namun malah loyo saat memainkan lagu nasional.

"Sekarang kan kebalik, main 'Garuda Pancasila' enggak bisa. Saya sudah lihat banyak ratusan orang seperti itu. Udah bisa nge-band lagu Metallica tapi 'Garuda Pancasila' enggak mengerti kapan pindah kunci. Karena enggak lewat tahapan yang benar," kata Balawan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X