Risty Tagor Boleh Ajukan Gugatan Cerai jika Merasa Disakiti

Kompas.com - 14/08/2015, 00:28 WIB
EditorIrfan Maullana

BOGOR, KOMPAS.com -- Belum ada konfirmasi pasti atas isu perpisahan yang sedang dialami pasangan muda, Risty Tagor (26) dengan Stuart Collin (24). Namun, ibunda Risty, Tjut Mutia, seolah tak terkejut dengan kabar miring yang belakangan sedang menimpa rumah tangga putrinya.

Seorang Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama (PA) Kotamadya Bogor, Jawa Barat, Agus Yuspiain menjelaskan perihal syarat yang bisa dijadikan alasan Risty jika ia ingin mengajukan permohonan gugatan cerai kepada suaminya. Salah satunya jika Risty merasa disakiti.

"Bisa saja istri pakai hak gugat cerai walau hamil karena merasa didzholimi, tidak dinafkahi lahir dan batin, atau mengalami tindak kekerasan (KDRT). Itu kan hak dia," kata Agus, Rabu (12/8/2015).

Seperti diketahui, sekarang Risty sedang hamil muda. Jika gugatan cerai itu benar dilayangkan, ada beberapa hak yang didapat Risty dari suaminya. Dijelaskan Agus, jika suami yang mengajukan gugatan cerai, pihak istri berhak untuk mendapatkan jaminan selama masa idah. "Pihak istri mendapatkan hak-hak akibat perceraian jika suami yang mengajukan cerai," jelas Agus.

Sebaliknya, apabila istri yang menggugat, hamil atau tidak hamil, tidak ada uang idah dan mutah setelah bercerai. "Putusan hakim biasanya, masa idah sampai istri melahirkan. Jika tidak hamil, iddahnya tiga bulan, kalau hamil, ya sampai melahirkan," lanjut Agus. (Novrina)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.