Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pete Docter: "Inside Out" Dibuat Lima Tahun

Kompas.com - 16/08/2015, 23:33 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara film animasi Inside Out, Pete Docter (46), mengungkapkan bahwa ia dan timnya membutuhkan waktu  lima tahun untuk menggarap film produksi Disney Pixar itu.

"Inside Out dibuat selama lima tahun, tentunya itu merupakan sebuah proses yang panjang," kata Pete dalam wawancara sesudah jumpa pers Pixar "Inside Out" Southeast Asia Tour, di Ballroom Djakarta Theater XXI, beberapa waktu lalu.

Waktu yang panjang itu, diakui oleh Docter, dibutuhkan karena ia bersama timnya harus melakukan banyak riset lebih dulu mengenai karakter-karakter emosi yang ditampilkan dalam film tersebut. Ia mengatakan bahwa mereka juga bekerja sama dengan para pakar dan ilmuwan selama proses pembuatan film itu.

"Kami membutuhkan riset untuk film ini dan kami bekerja sama dengan para pakar yang ahli dalam bidangnya. Kami harus menggali lebih dalam soal pikiran manusia. Kami belajar dari mereka dan itu membantu kami untuk mengembangkan cerita dan juga karakter-karakter yang ada di Inside Out. Itulah mengapa prosesnya memakan waktu hingga lima tahun," jelasnya.

Meski begitu, sutradara yang juga menggarap film animasi Up tersebut mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan dalam proses selama lima tahun itu adalah berkomunikasi dengan timnya.

"Kuncinya bekerja dan berkomunikasi dengan banyak orang dalam tim selama proses pembuatannya. Kami selalu beradu argumen, tetapi itu justru membuat film tersebut makin matang. Kami mencoba semuanya sebelum mendapatkan yang terbaik," terangnya.

"Dan itu membutuhkan lima tahun," tekannya.

Inside Out sendiri merupakan film petualangan komedi yang menampilkan lima karakter emosi, yakni Joy (senang), Sadness (sedih), Fear (takut), Anger (marah), dan Disgust (jijik), yang bersama-sama membantu gadis berusia 11 tahun untuk melalui perubahan meresahkan dalam hidupnya.

Inside Out telah diputar untuk kali pertama di gedung-gedung bioskop AS pada 19 Juni 2015 dengan meraih pendapatan fenomenal, 92 juta dollar AS, untuk sebuah film animasi orisinal. Pada minggu ketiga pemutarannya, Inside Out mampu menduduki posisi nomor satu pada box office AS. Di Indonesia, Inside Out akan mulai diputar di gedung-gedung bioskop pada 19 Agustus 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com