Pete Docter: "Inside Out" Dibuat Lima Tahun

Kompas.com - 16/08/2015, 23:33 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara film animasi Inside Out, Pete Docter (46), mengungkapkan bahwa ia dan timnya membutuhkan waktu  lima tahun untuk menggarap film produksi Disney Pixar itu.

"Inside Out dibuat selama lima tahun, tentunya itu merupakan sebuah proses yang panjang," kata Pete dalam wawancara sesudah jumpa pers Pixar "Inside Out" Southeast Asia Tour, di Ballroom Djakarta Theater XXI, beberapa waktu lalu.

Waktu yang panjang itu, diakui oleh Docter, dibutuhkan karena ia bersama timnya harus melakukan banyak riset lebih dulu mengenai karakter-karakter emosi yang ditampilkan dalam film tersebut. Ia mengatakan bahwa mereka juga bekerja sama dengan para pakar dan ilmuwan selama proses pembuatan film itu.

"Kami membutuhkan riset untuk film ini dan kami bekerja sama dengan para pakar yang ahli dalam bidangnya. Kami harus menggali lebih dalam soal pikiran manusia. Kami belajar dari mereka dan itu membantu kami untuk mengembangkan cerita dan juga karakter-karakter yang ada di Inside Out. Itulah mengapa prosesnya memakan waktu hingga lima tahun," jelasnya.

Meski begitu, sutradara yang juga menggarap film animasi Up tersebut mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan dalam proses selama lima tahun itu adalah berkomunikasi dengan timnya.

"Kuncinya bekerja dan berkomunikasi dengan banyak orang dalam tim selama proses pembuatannya. Kami selalu beradu argumen, tetapi itu justru membuat film tersebut makin matang. Kami mencoba semuanya sebelum mendapatkan yang terbaik," terangnya.

"Dan itu membutuhkan lima tahun," tekannya.

Inside Out sendiri merupakan film petualangan komedi yang menampilkan lima karakter emosi, yakni Joy (senang), Sadness (sedih), Fear (takut), Anger (marah), dan Disgust (jijik), yang bersama-sama membantu gadis berusia 11 tahun untuk melalui perubahan meresahkan dalam hidupnya.

Inside Out telah diputar untuk kali pertama di gedung-gedung bioskop AS pada 19 Juni 2015 dengan meraih pendapatan fenomenal, 92 juta dollar AS, untuk sebuah film animasi orisinal. Pada minggu ketiga pemutarannya, Inside Out mampu menduduki posisi nomor satu pada box office AS. Di Indonesia, Inside Out akan mulai diputar di gedung-gedung bioskop pada 19 Agustus 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.