Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokalis Arkarna Belajar Sebulan Nyanyikan "Kebyar Kebyar"

Kompas.com - 18/08/2015, 12:19 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi vokalis grup Arkarna dari Inggris, Ollie Jacobs, menyanyikan dengan lafal yang benar lagu berlirik bahasa Indonesia bukanlah hal mudah. Hal itu diakui oleh Jacobs, yang membawakan lagu ciptaan almarhum Gombloh, "Kebyar Kebyar". 

Jacobs mengatakan, selama sebulan ia berlatih melantunkan lagu tersebut dengan benar.

"Butuh waktu sebulan bagi saya untuk mempelajari bagaimana menyanyikannya dengan pelafalan yang benar. It’s really hard," ucap Jacobs dalam wawancara setelah jumpa pers di Mall Central Park, Grogol, Jakarta Barat, Senin (17/8/2015).

Jacobs bercerita bagaimana ia belajar untuk melafalkan dengan benar tiap kata dalam lrik lagu tersebut.

"Selama dua minggu saya mempelajarinya dan mencoba terus untuk melafalkannya sebelum akhirnya saya bisa menyanyikannya dengan benar," katanya. 

"Saya belajar pelafalan kata demi kata dalam lagu itu dari teman-teman yang berada di Indonesia. Jadi, tidak ada guru profesional yang mengajari saya. Saya banyak mendengarkan versi yang Gombloh nyanyikan, lalu saya coba mengulanginya terus menerus, merekamnya, dan mengirimkannya kepada teman-teman yang berada di Indonesia, lalu mereka berkata, 'Bukan seperti itu,' dan saya harus mengulanginya dengan koreksi dari mereka," kisahnya lalu tertawa.

"Mungkin kalau dihitung ya bisa beratus-ratus kali saya berlatih," imbuhnya.

Meski harus melalui proses seperti itu, ia merasa senang karena akhirnya bisa melantunkan lagu tersebut.

"Saya senang akhirnya bisa menyanyikannya. Sungguh sebuah kehormatan bagi kami (Arkarna) untuk membawakan lagu yang otentik dan patriotik ini," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com