Vokalis Arkarna Belajar Sebulan Nyanyikan "Kebyar Kebyar"

Kompas.com - 18/08/2015, 12:19 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi vokalis grup Arkarna dari Inggris, Ollie Jacobs, menyanyikan dengan lafal yang benar lagu berlirik bahasa Indonesia bukanlah hal mudah. Hal itu diakui oleh Jacobs, yang membawakan lagu ciptaan almarhum Gombloh, "Kebyar Kebyar". 

Jacobs mengatakan, selama sebulan ia berlatih melantunkan lagu tersebut dengan benar.

"Butuh waktu sebulan bagi saya untuk mempelajari bagaimana menyanyikannya dengan pelafalan yang benar. It’s really hard," ucap Jacobs dalam wawancara setelah jumpa pers di Mall Central Park, Grogol, Jakarta Barat, Senin (17/8/2015).

Jacobs bercerita bagaimana ia belajar untuk melafalkan dengan benar tiap kata dalam lrik lagu tersebut.

"Selama dua minggu saya mempelajarinya dan mencoba terus untuk melafalkannya sebelum akhirnya saya bisa menyanyikannya dengan benar," katanya. 

"Saya belajar pelafalan kata demi kata dalam lagu itu dari teman-teman yang berada di Indonesia. Jadi, tidak ada guru profesional yang mengajari saya. Saya banyak mendengarkan versi yang Gombloh nyanyikan, lalu saya coba mengulanginya terus menerus, merekamnya, dan mengirimkannya kepada teman-teman yang berada di Indonesia, lalu mereka berkata, 'Bukan seperti itu,' dan saya harus mengulanginya dengan koreksi dari mereka," kisahnya lalu tertawa.

"Mungkin kalau dihitung ya bisa beratus-ratus kali saya berlatih," imbuhnya.

Meski harus melalui proses seperti itu, ia merasa senang karena akhirnya bisa melantunkan lagu tersebut.

"Saya senang akhirnya bisa menyanyikannya. Sungguh sebuah kehormatan bagi kami (Arkarna) untuk membawakan lagu yang otentik dan patriotik ini," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.