Film "Battle of Surabaya" Akan Didistribusikan Walt Disney

Kompas.com - 19/08/2015, 19:06 WIB
Battle of Surabaya battleofsurabayathemovie.comBattle of Surabaya
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com
-- Film Battle of Surabaya yang merupakan karya rumah produksi anak bangsa, MSV Pictures, mendapatkan kesempatan untuk didistribusikan ke wilayah Asia Pasifik oleh Walt Disney Pictures.

"Dilirik iya. Awalnya kami datang ke studio (Walt Disney Pictures) karena kunjungan pameran. Lalu, dari kunjungan dan ngobrol, nah dari obrolan itu mereka tertarik. Mereka juga kekurangan distribusi khususnya di Asia Pasifik. Dari situ kami (MSV Pictures) mendapatkan peran," ujar sutradara Battle of Surabaya Aryanto Yuniawan, dalam jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/8/2015).

Tak hanya soal distribusi, Disney juga terlibat dalam proses penggarapan Battle of Surabaya. Namun, bukan dalam urusan konten animasi, melainkan pengembangan sistem produksi. "Disney memberikan masukan, memberi saran, tapi bukan konten, melainkan sistemnya," ujar Aryanto.

"Jadi, Disney lebih membangun ke studio kami yang baru. Bagaimana mengelola SDM (sumber daya manusia) yang berjumlah 180 orang agar menyatu dalam satu kepala dan pikiran. Bahkan, Disney memberikan suatu budaya, kalau mau go international, film harus menggunakan Bahasa Inggris," ujarnya.

Film Battle of Surabaya yang menggunakan teknik animasi 2D tersebut bakal tayang di Indonesia pada 20 Agustus mendatang. Penyiar radio Ian Saybani, artis peran Reza Rahadian, dan vokalis Maudy Ayunda terlibat sebagai pengisi suara film tersebut.

Aryanto mengatakan, untuk tayang di luar negeri, ia akan memakai jasa pengisi suara dari negara lain. "Nanti dubber-nya orang asing kalau di luar, siapa-siapanya masih belum tahu," ucapnya.

Battle of Surabaya mengisahkan tentang Musa (13) yang merupakan remaja penyemir sepatu di kala peristiwa perang 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur. Ia kemudian mendapat misi menjadi kurir surat-surat pribadi para tentara dan milisi pejuang. Bersama dengan Yumna dan Danu, Musa banyak mengalami berbagai petualangan dalam menjalani tugasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.