Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2015, 10:34 WIB
Magdalena Windiana Siahaan

Penulis

KOMPAS.com - "@BonJovi : After 25 years, we're excited to return to Jakarta, Indonesia on September 11!"Demikian kicauan akun resmi Twitter dari band beraliran rock, Bon Jovi, saat mengumumkan konsernya akan digelar di Jakarta pada 11 September 2015 nanti. Setelah melewati penantian panjang para penggemarnya di Indonesia, kelompok musik rock legendaris itu akan tampil kembali setelah kunjungan pertamanya di Indonesia pada 1995silam.

 
Bon Jovi merupakan salah satu kelompok musik rock asal New Jersey, Amerika Serikat. Band yang digawangi oleh John Francis Bongiovi Jr, David Bryan, dan Tico Torres itu telah menjual lebih dari 120 juta keping album di seluruh dunia.
 
Memang, meskipun tren musik terus berganti seiring banyaknya pendatang baru di blantika music rock, band yang dibentuk pada 1983 silam itu tetap mendapat tempat di hati para penggemarnya. Hal itu terlihat dari beberapa lagu yang telah menjadikannya salah satu band rock papan atas.

Anda salah satu yang akan menyaksikan penampilan Bon Jovi? Berikut beberapa hit abadi milik mereka yang mungkin saja akan dimainkan saat konser nanti:
 
AP Pidato wisuda oleh rocker Jon Bon Jovi di Universitas Rutgers, di Negara Bagian New Jersey, AS.
1. I'll Be There for You

Lagu ini diambil dari album “New Jersey”. Salah satu hits ini merupakan salah satu karya Bon Jovi yang berhasil menjadi peringkat pertama di tangga musik Amerika sejak dirilis pada 1988.

 
Lagu tersebut mengisahkan tentang ketakutan akan kehilangan kekasihnya. Menyimak liriknya, Bon Jovi seolah menuturkan sebuah perasaan yang mendalam dan romantis. Saat konser-konsernya, biasanya para penggemar kerapikut bernyanyi bersama sang vokalis, Jon Bon Jovi, ketika lagu ini dilantunkan.

Mengacu pada jadwal konser yang semakin mendekat, kini lagu-lagunya pun semakin sering menghiasi playlist beberapa radio dan media live streaming show. Bahkan, lembaga survei Nielsen Music untuk Billboard baru-baru ini mencatat bahwa lagu I’ll Be There for You diputar sebanyak 225 kali dalam periode 19-25 Agustus 2015, di 25 stasiun radio.

 
2. Bed of Roses

Bed of Roses dirilis pada 1992 dalam album Keep The Faith. Lagu tersebut dikemas dengan petikan gitar kecil dan permainan piano lembut.  

 
Lagu itu merupakan ungkapan pribadi yang ditulis Jon Bon Jovi sebagai tumpahan berbagai masalah hidup yang dialaminya saat itu. Dikombinasikan dengan kekuatan vokal Jon membuatnya terasa seperti sebuah lagu balada dengan komposisi harmoni yang pas.
 
Popularitas lagu ini pun masih terasa hingga sekarang. Sejak dirilis, lagu ini sempat menduduki peringkat ke-10 di Billboard Hot 100, peringkat ke-13 di UK Top 40, dan peringkat ke-10 di German Top 100. Bahkan, hingga kini, Bed Of Roses juga termasuk dalam lagu-lagu yang masih sering menjadi permintaan di radio.
 
"Menurut saya, nuansa musik yang mengalir di lagu Bed of Roses akan membuatnya menjadi salah satu lagu yang masuk ke dalam list saat Bon Jovi konser di Jakarta. Lagu ini juga sering di-request oleh para clipper saat saya siaran di CliponYu," kata Julian Syahputra, salah satu host CliponYu, yang menyediakan layanan live streaming di Indonesia.
 
3. Always

Romantis. Seperti itulah gambaran lagu ini. Lagu ini ditulis Jon Bon Jovi dalam perjalanan turnya dan menggambarkan satu kerinduan luar biasa untuk bisa bertemu orang yang dicintainya.

 
Pada awalnya, lagu ini ditulis untuk mengisi soundtrack film Romeo is Bleeding pada 1993. Namun, band itu memutuskan menariknya darisoundtrack tersebut dan merekamnya ulang. Dirilis pada 1994 lewat album Cross Road, "Always" berhasil menyita perhatian dengan berada di puncak Billboard Hot 100 selama enam bulan.
 
Album ini berhasil terjual sebanyak 3 juta kopi di seluruh dunia dan menjadi penjualan Bon Jovi yang tertinggi.  Di tahun yang sama, Bon Jovi juga berhasil memenangkan penghargaan untuk Best Rock Band di World Music Awards.
 
4. It's My Life

Memasuki bulan Juni 2000, Bon Jovi kembali berkarya dengan mengeluarkan album “Crush” sebagai album studio ketujuh. Single pertama "It's My Life" tercatat menoreh kembali kesuksesan band legendaris ini. Meski usianya tak lagi muda, tidak dimungkiri, keunggulan Jon dalam berekspresi dan penghayatan menunjukkan bahwa performa mereka masih tetap energik.

 
Lewat musik yang mengentak dalam lagu ini, Bon Jovi pun menunjukkan usianya yang matang dalam meramu melodi. Lagu ini berhasil menarik fans muda pada tahun 2000 yang belum mengenal mereka.

Tak hanya itu. Lagu ini pun sukses membawa band tersebut menerima dua nominasi Grammy Awards untuk Best Rock Album Crush danBest Rock Performance Duo/Group.
 
5. Thank You for Loving Me

Salah satu lagu ini terbilang wajib diketahui oleh para penggemar Bon Jovi. Tema cinta pun tak lepas dari lagu ini. Pemilihan kota Roma sebagai setting dalam video clip lagu tersebut seolah menjadi pesan bernuansa romantis yang ingin disampaikan band ini.

 
Simak penggalan liriknya, "Thank you for loving me, for being my eyes when I couldn’t see, for parting my lips when I couldn’t breathe." Bon Jovi terlihat mengantarkan syair yang indah dan tulus. Diiringi intro yang lembut, aransemen musiknya terbilang catchy untuk aliran musik slow-rock.
 
Fakta menarik juga didapat dalam sebuah wawancara dalam program televisi musik Inggris, Top of the Pops 2. Jon mengungkapkan, judul lagu ini terinspirasi oleh karakter aktor Brad Pitt dalam film Meet Joe Black.

Tak hanya itu. Lagu yang ditulis oleh Jon Bon Jovi dan Richie Sambora ini juga sempat dinyanyikan ulang oleh penyanyi rock asal Kanada, Bryan Adams, pada 2003.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com